Rabu, 13 Mei 2020 12:26 WIB

Ini Dia! 10 Mobil Termahal di Dunia 2020

Doni Wahyudi - detikOto
Bugatti La Voiture Noire Bugatti La Voiture Noire jadi mobil termahal dunia 2020 (Bugatti)
Jakarta -

Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, mobil mengalami peningkatan kemampuan serta kemewahan yang tak pernah ada sebelumnya. Itu membuat banderol mobil melonjak ke angka yang tak pernah ada sebelumnya. Inilah 10 mobil termahal di dunia.

Mobil-mobil menyentuh harga yang kian 'gila' sejalan dengan kemampuan mesin yang kian mengerikan. Batas-batas top speed baru terus dipecahkan dengan bantuan teknologi mekanik dan aerodinamis.

Hal lain yang membuat mobil ini menjadi luar biasa mahal lantaran jumlahnya yang sangat terbatas. Miliarder-mlilarder paling kaya di kolong langit berebut mengoleksinya, sebagai tanda status sosial dan simbol kemapanan. Dari yang 'paling murah' sampai yang termahal, berikut daftar mobil termahal di dunia:

10. Lamborghini Sian


Dari posisi terbawah, urutan 10 mobil termahal di dunia ditempati oleh Lamborghini Sian. Mobil tercepat yang pernah dibuat Lamborghini ini punya banderol harga US$ 3,6 juta, itu setara dengan Rp 53 miliar.

Lamborghini Sian dianggap sebagai landasan baru Lamborghini dalam pengembangan mobil-mobil masa depannya. Soalnya ini merupakan jajaran Lamborghini pertama yang ditawarkan sebagai kendaraan hybrid. Sebagai tambahan disematkan juga mesin 6,5 liter berkonviguras V12.

Kombinasi sistem tersebut mampu menghasilkan power sebesar 819 tenaga kuda.

Lamborghini SiamLamborghini Sian (Autocar)

9. Bugatti Chiron Super Sport 300 +


Di awal tahun ini Bugatti mengumumkan keberhasilan mereka menembus kecepatan 300 mil/jam (482 km/jam). Adalah Bugatti Chiron Super Sport 300 + yang menorehkan catatan tersebut.

Bugatti kemudian memproduksi versi untuk jalan raya, di mana kecepatannya dibatasi hanya sampai 277 mil/jam. Hanya tersedia 30 unit, mobil gahar ini punya banderol harga US4 3,9 juta. atau setara dengan Rp 58 miliar.

8. Lamborghini Veneno


Lamborghini Veneno dibangun dengan dasar Aventador dalam periode 2014 sampai 2015. Namun tentu saja power yang dipunya mobil ini lebih galak dibanding Aventador.

Menggunakan mesin 6,5 liter berkomfiguras V12, Veneno bisa menghasilkan 740 tenaga kuda serta melesat 0-96 km/jam hanya dalam 2,9 detik. Harganya? 'Cuma' US$ 4,5 juta (sekitar Rp 67 miliar).

7. Koenigsegg CCXR Trevita


Koenigsegg kabarnya hanya membuat tiga contoh CCXR Trevita dan setelah itu memutuskan berhenti memproduksinya. Mobil ini jadi istimewa karena teknologi Koenigsegg Propretary Diamond Wave, sebuah teknologi di mana Koenigsegg bisa menggabungkan serat karbon dengan berlian.

Di bawah kap mesin, mobil ini dibekali twin-turbocharged 4,8 liter berkonfigurasi V8 dan mampu memproduksi 1.004 tenaga kuda. Koenigsegg CCXR Trevita bisa ditebus dengan harga Rp 71 miliar.

Koenigsegg CCXR TrevitaKoenigsegg CCXR Trevita (Koenigsegg)

6. Pagani Huayra Imola


Pertama diumumkan pada September 2019, Pagani Huayra Imola masuk kategori hypercar. Dengan konfigurasi mesin twin-turbocharged 6,0-liter V12, ini merupakan Pagani paling cepat yang pernah diproduksi.

Pagani menjadikan mobil ini sangat spesial dengan hanya memproduksi lima buah saja. Tertarik? Harga yang dibanderol mencapai Rp 80,4 miliar.

5. Bugatti Divo

Pada posisi lima daftar ini ada Bugatti Divo, yang disebut-sebut sebagai saudara kanding Chiron. Namun negitu, Divo ternyata punya harga lebih mahal, yakni Rp 86,3 miliar.

Dibanding Chiron, Divo memang punya cukup banyak perbedaan. Mulai dari wheels yang lebih ringan, intercooler dar serat karbon, dan perubahan beberapa sektor lain yang membuatnya lebih ringan sampai sekitar 150 kg. Setup aerodinamis Divo juga diklaim lebih baik, yang membuatnya mampu mencatatkan waktu lebih tajam dalam tes.

4. Mercedes-Maybach Exelero

Akhirnya Mercedes masuk daftar ini melalui Mercedes-Maybach Exelero. Menjalai debut pada 2004, Mercedes-Maybach Exelero dibangun dari pondasi Maybach, yang kemudian disematkan mesin twin-turbo V12 dengan produksi tenaga 690 hp.

Mampu menembus top speed 350 km/jam, Mercedes-Maybach Exelero dihargai USD 8 juta, setara dengan Rp 119,106 miliar.

Mercedes-Maybach ExeleroMercedes-Maybach Exelero Foto: Autotrader

3. Bugatti Centodieci


Masuk posisi tiga besar ada Bugatti Centodieci. Hanya diproduksi 10 unit, Bugatti Centodieci dirilis sebagai perayaan 110 tahun Bugatti.

Mobil yang dirilis tahun lalu ini dihargai Rp 133,9 miliar.

2. Rolls-Royce Sweptail


Pada tahun 2017, Rolls-Royce Sweptail disebut-sebut sebagai mobil termahal di dunia dengan harga Rp 190,5 miliar. Hanya saja Rolls-Roys sendiri tak pernah mau mengonfrmasi hal tersebut.

1. Bugatti La Voiture Noire

Dengan harga USD 18,7 juta termasuk pajak (Rp 278,3 miliar), Bugatti La Voiture Noire dinobatkan sebagai mobil termahal di dunia saat ini.

Mesin quad-turbo 8.0-liter yang bisa menyemburkan tenaga 1.479 hp cuma salah satu keistimewaan mobil ini. Dibanding produksi Bugatti lainnya, La Voiture Noire bisa dibilang tampil sangat berbeda, itu terlihat pada ban dan body mobil secara menyeluruh.

Bugatti Bugatti "La Voiture Noire," (Bugatti via Newspress)



Simak Video "Segahar Apa Mobil Baru Ronaldo Seharga Rp 145 M?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com