Minggu, 10 Mei 2020 19:17 WIB

Oplet Si Doel Pernah Ditawar Rp 1 M, Enggak Dilepas Gara-gara Ini

Asep Syaifullah - detikOto
Si Doel the Movie Rano Karno bersama oplet Si Doel.(Foto:Palevi/detikHOT)
Jakarta -

Rano Karno sedang diuji imannya. Ia digoda untuk menukar oplet miliknya dengan Rolls-Royce Raffi Ahmad. Rano yang gusar pun membuat jajak pendapat di akun instagram-nya.

Oplet dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' memang sudah jadi barang langka dan mahal. Sebelum ditawari barter oleh Raffi Ahmad, Rano yang menjadi pemeran utama 'Doel' pernah disodorkan Rp 1 miliar asal mau melepas kendaraan legendaris tersebut. Tapi ia langsung menolak secara halus.

"Oplet tahun 1957, ditawar katanya mau Rp 1 miliar. Nggak mau gue jual pokoknya. Udah lama ditawarnya, hampir setahun dua tahun. Yang nawar juga orangtua, bukan anak muda, umur 70 tahunan dah," terang Rano di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada akhir 2017 lalu.

Si Doel Anak SekolahanSi Doel Anak Sekolahan Foto: Mahardian Prawira Bhisma

Ia pun menjelaskan asal usul mobil tersebut yang dibelinya tanpa surat-surat lengkap karena hanya untuk sekadar properti syuting.

"Tapi jujur saya bilang ini Oplet kan nggak ada surat-surat, orang kita beli di kandang ayam, cuma untuk kebutuhan film kan. Tapi orang itu mau, 'Nggak apa-apa yang penting bekas Si Doel'. Tapi gue bilang jangan deh masih mau gue pake lagi," tutur Rano.

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan hadir pada tahun 1990-an dengan cerita soal kehidupan anak betawi bernama Doel (Rano Karno) yang mengejar cita-citanya menjadi 'Tukang Insinyur' hingga masalah perjodohan dan cinta segitiga.

Oplet bang Doel mau ditukar Rolls-RoyceOplet bang Doel mau ditukar Rolls-Royce Foto: Instgram @si.rano

Kesederhanaan dialog dan cerita menjadikan penonton seolah dekat dengan keseharian yang ditampilkan dalam sinetron tersebut. Mungkin sinetron tersebut menjadi salah satu penggambaran kondisi Ibukota di era 1980 akhir hingga 1990-an, di mana kota Jakarta sudah mulai memberlakukan pelarangan moda transportasi bernama Oplet.

Ada banyak cerita soal asal nama Oplet sendiri, seperti Opel Let (Opel Kecil) hingga Ostin (Diambil dari nama mobil Austin). Oplet sebenarnya sudah mulai 'punah' sejak pelarangan yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Pranolo pada tahun 1979. Namun kembali dihadirkan dalam sinetron tersebut sebagai mata pencaharian Doel dan keluarganya.

Berkat Oplet biru dan tua tersebut, Doel berhasil menjadi Tukang Insinyur dan membuat bangga Babeh, hingga berlari-lari keliling kampung. Pertemuan dengan Sarah, hingga banyak kejadian bersejarah lainnya juga terjadi berkat andil Oplet tersebut.



Simak Video "Alasan Nagita Slavina Ogah Kepoin Isi Handphone Raffi Ahmad"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com