Bikin 3.500 Mobil Sehari, Ini Fakta Pabrik Mobil Terbesar di Dunia Milik VW

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 05 Mei 2020 14:21 WIB
WOLFSBURG, GERMANY - MARCH 31: The Volkswagen factory during twilight following a halt to car production on March 31, 2020 in Wolfsburg, Germany. Volkswagen extended the shutdown of factories in Germany until April 19 amid COVID-19 coronavirus outbreak. (Photo by Maja Hitij/Getty Images)
Pabrik mobil VW kembali beroperasi di akhir April lalu (Getty Images/Maja Hitij)
Jakarta -

Akhir April lalu Volkswagen menghidupkan lagi pabrik utamanya yang terletak di Wolfsburg, Jerman. Berdiri sejak zaman perang dunia, inilah pabrik mobil terbesar di dunia.

Pabrik VW di Wolfsburg mulai ditutup pada 19 Maret sebagai dampak dari penyebaran virus Corona di Eropa. Penutupan tersebut sejalan juga dengan penutupan perbatasan hampir semua negara di Benua Biru, di mana membuat jalur distribusi terputus total.

Buka kembali pada akhir April, pabrik VW di Wolfsburg melakukan banyak perubahan sistem kerja. Dikutip dari CNN, VW menerapkan 100 aturan kerja baru buat seluruh karyawannya demi menjaga mereka terhindar dari paparan virus Corona. Termasuk menempelkan 8.000 poster peringatan dan anjuran di banyak sudut pabrik.



Pada pekan-pekan awal pembukaan kembali, pabrik ini hanya akan mempekerjakan satu shift berjumlah 8.000 karyawan. Padahal sebelum corona datang, jumlah satu shift mencapai 20.000 pekerja.

VW juga memberlakukan pengurangan jam kerja karyawan. Sementara pergantian pekerja di masing-masing bagian dibuat sedemikian rupa sehingga mereka tak harus saling bertemu atau bersesak-sesakan di lokasi.

Berikut data dan fakta pabrik VW di Wolfsburg


- Ini merupakan pabrik mobil terbesar di dunia. Luasnya mencapai 65 km persegi.

- Total ada 63.000 orang bekerja di pabrik ini.

- Setiap hari ada 3.500 mobil diproduksi di sini.

- Jika dihitung sejak 1954, ada 45 juta kendaraan telah dilahirkan dari pabrik ini.

- Karena sangat luas, pabrik ini dihubungkan oleh jalanan total sepanjang 75,6 km dan juga rel kereta sepanjang 59,5 km.

- Sebelum pandemi datang, setiap hari pabrik kedatangan 2.000 truk yang membawa beragam material untuk dirakit menjadi mobil.

- Penutupan pabrik karena pandemi corona menjadi penutupan terlama yang pernah dialami pabrik VW di Wolfsburg ini.

- Pabrik ini awalnya berdiri tahun 1938 sebagai rumah bagi para pekerja pabrik VW.

- Di pabrik ini VW Beetle (VW Kodok) diproduksi selama tiga dekade. Selain itu VW Golf yang sangat laris serta Tiguan juga dilahirkan di pabrik ini.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)