Selasa, 28 Apr 2020 20:56 WIB

Perusahaan Asal Mongolia Bakal Rakit Kendaraan Listrik di RI

Danang Sugianto - detikOto
Bars Motors bangun pabrik di RI Perusahana otomofif asal Mongolia bakal bangun fasilitas perakitan kendaraan listrik di Surabaya Foto: Facebook Bars Motors
Jakarta -

Produsen kendaraan listrik di Tanah Air bakal kedatangan pemain baru. PT Bumi Benowo Sukses Sejahtara Tbk (BBSS) beserta afiliasinya PT Cipta Unggul Arta Nusantara (CUAN) baru menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan perusahaan otomotif asal Mongolia, Bars Motors LCC.

Nilai investasi diperkirakan senilai US$ 10 Juta atau sekitar 153 miliar untuk membangun fasilitas perakitan kendaraan listrik di Surabaya, Jawa Timur. Angka tersebut sudah termasuk lahan, fasilitas, teknologi, dan peralatan.

"Setelah 2 bulan melakukan riset, Bars Motors memutuskan untuk memulai proyek pertamanya di Surabaya, Indonesia, dengan perusahaan lokal PT. Cipta Unggul Arta Nusantara," ujar Direktur Bars Motors D. Dembereldorj dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Dembereldorj mengatakan keputusan memilih Indonesia lantaran memiliki pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.

Direktur Utama Bumi Benowo, Felix Soesanto menilai kerja sama antara Bars Motors, CUAN, dan Bumi Benowo merupakan salah satu langkah menyikapi disrupsi ekonomi dan sosial.

"Kerja sama ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif bukan saja financial tetapi juga visi yang sama dengan BBSS. Kita harus dapat mengubah kekurangan menjadi kesempatan dari disrupsi ekonomi dan sosial ini dan tentu saja ini akan berpengaruh pada kinerja keuangan 2020 dan kesejahteraan investor BBSS", tambah Felix.

Adapun pemilihan Surabaya sebagai lokasi lantaran menurutnya merupakan kota kedua terbesar di Indonesia dan terkenal di dunia internasional terhadap dukungan pemerintah daerah untuk pengembangan lingkungan bersih sehat dan energi terbarukan.

Pada tahun 2020-2021, proyek seperti bus listrik untuk dalam kota dan rute antar kota diharapkan siap melayani penduduk kota Surabaya dan kota sekitarnya dengan bahan bakar yang bersih dan sehat lingkungan.

Faktor lain yang akan mendukung kerjasama perakitan ini adalah lokasi Pergudangan BBSS yang strategis karena hanya berjarak 3 Km dari Pelabuhan Teluk Lamong, dan 2 Km dari Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Surabaya.

Bars Motors adalah sebuah perusahaan produsen kendaraan listrik dari Mongolia yg sudah beroperasi di beberapa negara di Asia dan Afrika seperti perakitan jenis kendaraan penumpang, kendaraan listrik, dan kendaraan berat jenis truk angkutan.

Saat ini, Bars Motor telah menandatangani MOU dengan perusahaan asal RRC yaitu Sinotruck untuk perakitan truk merk Howo di Mongolia dan dengan perusahaan manufaktur RRC lain yaitu Zoyte International yang menghasilkan brand pertama cross-over SUV yaitu "MOZO" di pasar Mongolia yang baru meluncur Februari kemarin.

Perusahaan ini sudah memiliki fasilitas perakitan mobil di Hangzhou (RRC) dengan kapasitas 25.000 mobil per tahun dan berniat mengembangkan sayapnya ke Asia Tenggara dan Afrika secara agresif.



Simak Video " Polri Pamer Desain Pelat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com