Sabtu, 18 Apr 2020 18:11 WIB

Robot Khusus Pengisian Baterai Mobil Listrik, Tapi Mirip Vakum Cleaner

M Luthfi Andika - detikOto
Pengisi baterai portable Carl Stasiun Pengisian baterai portable Foto: Pool (Autoevolution/Nena JaegersbergerNJP)
Jakarta -

Saat Volkswagen baru berniat untuk melahirkan inovasi stasiun pengisian listrik portable. Ternyata diam-diam perusahaan asal China sudah memperkenalkan robot untuk mengisi baterai mobil listrik portable. Dan lebih canggih lagi, robot ini bisa melakukan pengisian baterai secara otomatis.

Dikutip autoevolution, robot pengisian baterai mobil listrik portable ini disapa Carl. Uniknya robot ini memiliki desain layaknya vakum cleaner, dengan tampilan kotak dengan peranti khusus untuk melakukan pengisian baterai.

Pengisi baterai portable CarlPengisi baterai portable Carl Foto: Pool (Autoevolution/Nena JaegersbergerNJP)

Robot khusus pengisian baterai mobil listrik ini diciptakan Aiways, yang juga memperkenalkan mobil listrik SUV U5 ini, dikatakan sudah memiliki hak paten di Eropa dan China.

Lebih keren lagi, bagi konsumen yang ingin menggunakan jasa Carl untuk melakukan pengisian baterai mobil listrik bisa dikatakan sangat mudah. Konsumen cukup menggunakan aplikasi pada smartphone untuk melakukan pemesanan. Setelah pemesanan sudah dilakukan, pemilik mobil listrik tinggal mendatangi posisi parkir yang ditentukan melalui GPS. Saat mobil listrik konsumen sudah datang ke parkiran, maka secara otomatis Carl akan mendatangi mobil listrik tersebut dan melakukan pengisian listrik.

Dikatakan Carl dilengkapi dengan perangkat pengisian baterai listrik, yang memungkinkan bisa melakukan pengisian baterai 30-60 kWh. Untuk mencapai baterai ke-level 80 persen, Carl hanya butuh waktu 50 menit untuk mewujudkannya.

Pengisi baterai portable CarlPengisi baterai portable Carl Foto: Pool (Autoevolution/Nena JaegersbergerNJP)

"Kami ingin membuat membuat mudah para pemilik mobil listri. Disaat konsumen sulit menemukan charging station, maka Carl akan menemukannya dengan mudah," ujar Alex Klose.

Pengisi baterai portable CarlPengisi baterai portable Carl Foto: Pool (Autoevolution/Nena JaegersbergerNJP)

Sayangnya, belum dijelaskan secara terperinci berapa biaya pengisian baterai mobil listrik melalui Carl ini.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com