Selasa, 07 Apr 2020 12:42 WIB

'Komodo' Masuk Gang untuk Lawan Corona

Wisma Putra - detikOto
Mobil Nasional Komodo Perang Lawan Corona 'Komodo' Masuk Gang untuk Lawan Corona. Foto: Dok.Kantor SAR Bandung.
Bandung -

Kantor SAR Bandung menggunakan mobil Formula Indonesia (Fin) Komodo untuk melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Bandung Raya.

Mobil buatan Indonesia yang diproduksi di Kota Cimahi, Jawa Barat, ini bisa berjalan di gang-gang kecil yang ada di pemukiman warga untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Mobil itu dipasang tulisan 'FIN KOMODO PEDULI BANGSA. BERSATU KITA LAWAN COVID-19'.

Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, mobil Fin Komodo sangat efektif untuk digunakan penyemprotan disinfektan di pemukiman padat penduduk.

"Efektif sekali, sangat cocok digunakan di pemukiman padat penduduk," kata Joshua kepada detikcom, Selasa (7/4/2020).

Menurutnya, pengguna mobil Fin Komodo untuk penyemprotan disinfektan sangat efektif, pasalnya bisa menghemat waktu dibandingkan dengan penyemprotan cara manual.

Mobil Nasional Komodo Perang Lawan CoronaMobil Nasional Komodo Perang Lawan Corona Foto: Dok.Kantor SAR Bandung

Seperti diketahui, penyemprotan disinfektan dengan cara manual menggunakan alat semprot atau sprayer yang digendong di punggung memakan waktu cukup lama.

Dengan menggunakan mobil Fin Komodo ini, sprayer tersebut disimpan di belakang mobil, dan dua petugas sambil berjalan kaki langsung menyemprotkan dinsinfektan ke rumah-rumah warga.

"Kalau yang digandeng hanya 15 liter, tapi kalau pakai mobil ini bisa mencapai 150 liter. Kapasitas lebih besar," ujar Joshua.

Tak hanya rumah-rumah yang ada di perumahan, rumah-rumah yang ada di dalam gang juga bisa disemprot oleh mobil Fin Komodo ini.

"Sangat maksimal, untuk gang-gang sempit sekalipun," ucapnya.

Dalam sehari, ribuan rumah bisa dilakukan penyemprotan disinfektan. "Sehari ada empat RW yang bisa kita semprot, per RW nya mencapai 400 rumah," kata Joshua.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com