Jumat, 03 Apr 2020 13:40 WIB

Servis Mobil Saat Pandemi Corona, Biar Bisa Mudik Duluan?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bengkel Pebee Garage di kawasan BSD, Serpong Bengkel mobil sempat menerima servis customer yang ingin melakukan perjalanan jauh. Pulang kampung duluan (Dadan Kuswaraharja/detikOto)
Jakarta -

Pemerintah memberikan imbauan agar warga tidak mudik di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Namun, masih banyak saja warga yang melakukan pulang kampung sebelum lebaran tahun ini.

Mungkin beberapa pemilik mobil ada yang melakukan mudik duluan. Untuk mempersiapkan perjalanan ke kampung halaman, maka mobil perlu diservis. Apakah bengkel mobil kebanjiran order karena banyak pemilik mobil servis untuk mudik duluan?

Supervisor bengkel yang juga menerima servis ringan semua merek mobil Remo Body Repair, Rommy Radianto, mengakui ada beberapa pelanggannya yang melakukan servis mobil untuk perjalanan jauh saat pandemi corona seperti ini. Memang mereka tidak bilang untuk mudik, tapi menurut Rommy kemungkinan servis mobil untuk perjalanan jauh itu digunakan untuk mudik.

"Ada (yang servis mobil untuk perjalanan jauh saat pandemi corona), cuman nggak banyak. Rata-rata mereka yang mudik duluan itu kan mereka yang punya kendaraan pribadi. Ya bilangnya buat perjalanan jauh. Aku rasa sih bukan buat liburan karena tempat wisata juga ditutup semua," ujar Rommy.

Bengkel mobil yang juga menangani servis semua merek mobil, CARfix, mencatat memang ada penurunan pengunjung bengkel selama pandemi Corona. Penurunan itu sangat terasa pada minggu ketiga bulan Maret. Setelahnya ada tren kenaikan pengunjung bengkel meski tidak sebanyak hari normal tanpa pandemi corona.

"Kalau melihat market seperti ini kita nggak bisa prediksi, karena dari asumsi kita kan turun terus sampai nanti mungkin keadaan normal baru kembali lagi. Tapi ini penurunan drastisnya di minggu ketiga Maret, minggu keempat udah mulai naik lagi dan ini akhir bulan itu udah naik lagi," ucap Group Head Marketing CARfix Indonesia Sigit Wahyu Anggoro kepada detikOto.

Sigit tak bisa memastikan apakah tren kenaikan servis mobil di bengkelnya itu berhubungan dengan pengguna mobil yang ingin mudik duluan sebelum dilarang pemerintah. Tapi, dia tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi.

"Kita nggak bisa menyimpulkan seperti itu (bengkel mulai ramai karena pengunjung servis mobil untuk mudik-RED), tapi kalau dilihat kemungkinan itu ya bisa jadi. Tapi memang dilihat dari trennya ada penurunan, dan akhir bulan agak naik, masih di bawah normal tapi ada tren kenaikan. Kalau servis untuk 'colongan' mudik kita nggak ngerti dia motivasinya apa untuk servis itu. Tapi memang peningkatan servis di akhir bulan terjadi, cuma motivasinya dia apa, kita nggak ngerti," ujar Sigit.

Sementara itu, untuk mencegah penyebaran virus corona, bengkel mobil seperti di CARfix dilakukan SOP yang lebih ketat. Misalnya, mobil yang diservis dibersihkan dengan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah servis. Beberapa bengkel juga mengandalkan layanan home service, jadi pemilik mobil tak perlu repot datang ke bengkel.



Simak Video "Ini Sebaran Kasus Positif Corona di 34 Provinsi Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com