Jumat, 03 Apr 2020 10:47 WIB

Bengkel Mobil Sepi, Ada yang Terpaksa Tutup Dihantam Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Montir memperbaiki mobil yang sempat terendam banjir, di bengkel mobil Sapta Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (9/1/2020). Sebanyak 25 mobil yang terendam banjir diperbaiki di sini dengan biaya mulai Rp 2 juta hingga Rp 10 juta tergantung jenis kerusakan dan penggantian komponen. Banyak bengkel mobil terimbas pandemi corona. Jumlah pelanggan menurun yang memaksa mereka sampai tutup (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Pandemi virus corona (COVID-19) berdampak langsung pada bisnis otomotif. Bukan hanya soal produksi kendaraan yang disetop sementara, bengkel servis mobil pun terpukul.

Beberapa bengkel mobil umum yang menangani segala merek kendaraan mengalami penurunan pengunjung. Hendra Susanto, pemilik bengkel Korea Timorer Motor di Ciputat, Tangerang, misalnya, mengaku bahwa pengunjung bengkel yang ingin servis mobil berkurang.

"Memang orang sejak social distancing itu banyak lebih di rumah dan mobilitas itu berkurang. Sekalipun ada (yang ingin servis mobil), mereka biasanya taruh aja mobilnya di bengkel, orangnya pulang karena lokasinya nggak begitu jauh. Tapi kalau secara unit entry kita ngedrop, jauh," kata Hendra kepada detikOto.

Dia bilang, penurunan pengunjung bengkelnya anjlok hingga 60%. Omzetnya juga turun.

"Rata-rata biasanya unit entry saya 6 unit sehari, sekarang cuma 2-3 unit sehari. Otomatis kita secara omzet juga berkurang, sementara bayar gaji kan nggak bisa dikurangin," ujar Hendra.

Hal yang sama juga dialami oleh bengkel Remo Body Repair yang berada di salah satu area pusat perbelanjaan di Jakarta Timur. Bengkel yang juga menangani servis ringan segala merek mobil tersebut bahkan terpaksa ditutup.

"Hari Minggu kemarin tanggal 29 Maret tutup sampai tanggal 14 April, diminta tutup sama pengelola areanya. Padahal banyak yang telpon, banyak yang nanya buka nggak, mau repair," kata supervisor Remo Body Repair, Rommy Radianto kepada detikOto.

Sebelum tutup bengkel, menurut Rommy pengunjung bengkelnya yang ingin servis mobil berkurang drastis sampai 50%. Terutama setelah adanya kebijakan social distancing.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com