Kamis, 26 Mar 2020 15:44 WIB

10 Mobil Paling Ringan di Dunia

Rizki Pratama - detikOto
Mobil Ringan Inilah 10 mobil paling ringan di dunia (carbuzz)
Jakarta -

Ada dua alasan utama untuk membuat mobil seringan mungkin. Salah satunya adalah untuk membantu membantu kinerja pada mobil sport atau balap. Fungsi lainnya adalah untuk penghematan bahan bakar karena semakin sedikit tenaga mesin yang harus berputar.


Selama bertahun-tahun, membuat mobil jalan super-ringan menjadi semakin sulit karena mempertimbangkan keselamatan. Berikut ada 10 mobil yang pernah masuk jalur produksi masal dengan bobot ringan.

10. Citroen AX: 640 kg

Dalam daftar mobil paling ringan ini, Citroen AX menjadi yang terberat dengan, yaitu 640 kg. Mobil kecil ini dirancang sedemikian rupa untuk mengejar efisiensi bahan bakar.

Citroen AX mengusung desain hatchback tiga pintu, menggunakan panel plastik di area bantalan non-beban serta penggunaan material baja yang tepat. Di balik kap mobil ini menawarkan mesin empat silinder dengan pilihan kapasitas 1.0, 1.1, atau 1.4 liter.

Seiring berjalannya waktu dan dikembangkan dengan lebih banyak pilihan, AX menjadi semakin berat, terutama dalam varian AX GT. Meski begitu, AX GT masih cukup ringan dengan berat 722 kg saja.

10 Mobil Paling Ringan yang Pernah Diproduksi MasalFoto: carbuzz

9. Clan Crusader: 615 kg

Clan Crusader adalah mobil yang tidak terlalu populer meski dibuat oleh tim kecil mantan insinyur Lotus. Tulang belakang Crusader adalah sasis monocoque fiberglass yang sangat kuat dengan mesin 51-hp dari British Hillman Imp.

Mesin ditempatkan di belakang sehingga membuatnya menjadi penggerak roda belakang. Nasib mobil ini di jalur produksi tak terlalu lama. Walaupun begitu ini adalah satu-satunya mobil yang pernah disertifikasi untuk balap menggunakan roll bar dari tali yang diikat.

10 Mobil Paling Ringan yang Pernah Diproduksi MasalFoto: carbuzz

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com