Senin, 23 Mar 2020 11:45 WIB

Virus Corona Mewabah, Masyarakat China Pilih Pakai Mobil Pribadi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jalanan Wuhan Sepi Kota Wuhan sempat sepi karena virus corona. Foto: China File/The New York Times
Beijing -

Virus corona menjadi pandemi global saat ini. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China, itu membuat masyarakat China mengubah cara bertransportasinya.

Salah satu perusahaan riset terbesar dunia, Ipsos, melakukan survei kilat pada akhir Februari lalu untuk memonitor minat pembelian mobil baru setelah dipengaruhi pandemi virus COVID-19.

Memang penjualan mobil di China pada Februari 2020 turun hingga 80%. Namun, minat masyarakat China terhadap mobil baru tak pudar. Apalagi ditambah kekhawatiran menggunakan transportasi umum setelah menyebarnya virus corona.

Hasil survei Ipsos yang melibatkan 1.620 responden menyebutkan, sebelum menyebarnya virus corona, pengguna transportasi umum seperti bus dan kereta sebanyak 56%. Namun, setelah adanya virus corona, pengguna transportasi umum itu menyusut menjadi hanya 24%.

Sementara peminat penggunaan mobil pribadi yang sebelumnya hanya 34% meroket hingga 66%. Sedangkan pengguna roda dua tetap 45% baik sebelum maupun sesudah pandemi virus corona ini.

Pengguna taksi konvensional dan taksi online pun menurun. Taksi konvensional yang sebelumnya sebesar 21% menjadi 15% dan taksi online yang semula 21% menjadi 12%.

Sebanyak 66% responden mengaku ingin membeli mobil baru dalam 6 bulan ke depan setelah virus corona menyebar. Banyak alasannya, yang paling utama kata responden adalah mengendarai mobil pribadi bisa mengurangi risiko terinfeksi virus (77% responden).

Sebanyak 50% responden menilai transportasi publik tidak aman karena pandemi global ini. Mereka juga ingin membeli mobil pribadi karena alasan untuk kebutuhan perjalanan keluarga (51%), membutuhkan kendaraan yang fleksibel (48%), hingga percaya bahwa harga mobil akan anjlok (4%).



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com