Senin, 23 Mar 2020 09:51 WIB

Popularitas Sedan Terus Memudar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Beli mobil Popularitas sedan memudar. Penjualannya tergerus. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Popularitas mobil jenis sedan kian memudar. Penjualan mobil sedan secara global pada tahun lalu pun menurun.

Data yang dikumpulkan JATO Dynamics dari 54 pasar otomotif di dunia mengindikasikan permintaan mobil sedan tergerus oleh segmen mobil lainnya, terutama SUV. Ini menandai perubahan besar bagi industri otomotif dunia.

Pada tahun 2019, sedan hanya menjadi jenis mobil yang disukai kedua oleh konsumen mobil penumpang. Penjualan sedan hanya 18,85 juta unit. Volumenya penjualannya turun 6,8%. Padahal pada 2018 penjualan sedan secara global mencapai 20,26 unit.

Penurunan penjualan sebagian besar karena lebih dari setengah kendaraan yang dijual secara global berada di China. Memang penjualan mobil secara keseluruhan di China menurun karena banyak konsumen di China menunda pembelian dalam jumlah besar. Namun, sedan menanggung beban perlambatan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, konsumen China lebih menyukai sedan kompak. Namun kehadiran SUV baru yang lebih menarik dikombinasikan dengan kondisi ekonomi telah secara dramatis mengubah pandangan pabrikan.

Hal serupa juga terjadi di Amerika Serikat. Pada 2009, penjualan sedan menyumbang 39% dari total pasar. Data yang diperoleh JATO Dynamics menunjukkan pangsa pasar sedan turun drastis menjadi hanya 22%.



Simak Video "Sedan Seruduk Truk di Tol Pandaan-Gempol, Ibu dan Dua Anaknya Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com