Minggu, 22 Mar 2020 19:12 WIB

Imbas Lockdown, Toyota Filipina 'Liburkan' Cicilan Mobil Sebulan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi beli mobil Toyota Filipina juga memberikan kelonggaran bagi konsumennya yang terdampak virus corona. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Filipina saat ini memberlakukan karantina atau lockdown di Pulau Luzon yang di dalamnya termasuk Ibukota Manila untuk memutus penyebaran virus corona. Semua orang diminta untuk tetap di rumah. Sebgain besar bisnis tutup toko. Akibatnya, bahkan segmen otomotif telah sangat terpengaruh karena dealer dan pusat layanan ditutup.

Imbas lockdown, Toyota Filipina meliburkan cicilan mobil selama sebulan kepada pelanggannya. Diberitakan Autoindustriya, Toyota Motor Philippines (TMP) mengumumkan perpanjangan tenggat pembayaran hingga 30 hari.

Perpanjangan tenggat 30 hari ini dimulai sejak 18 Maret hingga 18 April 2020. Akun yang jatuh tempo dalam periode 30 hari tersebut tidak akan dikenakan biaya penalti.

Pembayaran yang ditangguhkan selama periode perpanjangan ditambah amortisasi bulan berikutnya harus dibayarkan pada atau sebelum tanggal jatuh tempo berikutnya.

Untuk konsumen yang terdaftar melalui Toyota Financial Services (TFS) Auto-Debit di negara itu, pembayaran tidak akan dikenakan selama perpanjangan tenggat 30 hari. Namun, akun akan secara otomatis didebet setelah tanggal 18 April.

Di Indonesia, pemerintah meluncurkan kebijakan fiskal dan moneter untuk penanganan dampak COVID-19. Kebijakan pertama yang diambil adalah mengenai relaksasi leasing motor terutama untuk ojek online.

Kebijakan yang diambil berupa pelonggaran ketentuan perhitungan kolektibilitas kredit, atau klasifikasi status keadaan pembayaran angsuran bunga maupun angsuran pokok dan bunga kredit oleh debitur. Kelonggaran leasing motor ini akan diberlakukan selama satu tahun setelah ditetapkan.

"Tidak diperkenankan bagi perusahaan leasing non-bank untuk menggunakan jasa penagihan atau debt collector yang menimbulkan keresahan bagi masyarakat, terutama ojek online," terang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, via video conference, usai ratas kabinet, Jumat (20/3/2020).



Simak Video "Warga India Panik Dilockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com