Jumat, 20 Mar 2020 09:59 WIB

Meluncur di Thailand, Xpander Cross Tembus Rp 400 Jutaan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya meluncurkan varian baru Xpander bergaya SUV, dengan nama Xpander Cross. Peluncuran Mitsubishi Xpander Cross diselenggarakan di Hotel Intercontinental, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019). Xpander cross meluncur di Thailand (Ari Saputra/detikOto)
Jakarta -

Mitsubishi tak hanya menjual Xpander Cross di Indonesia. Mitsubishi Xpander versi SUV itu juga diekspor ke beberapa negara, khususnya di Asia Tenggara.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa Xpander Cross telah diperkenalkan di pasar Filipina pada 13 Maret dan pasar Thailand pada 16 Maret 2020. Kini, mobil itu sudah mulai dijual di dua pasar tersebut.

"Selanjutnya MMC secara bertahap akan meluncurkan model tersebut di negara-negara lain dengan berfokus pada ASEAN," tulis siaran pers PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Di Thailand, seperti diberitakan Bangkok Post, Xpander Cross hanya ditawarkan dengan satu pilihan. Mobil itu dibanderol 899.000 baht atau setara dengan Rp 443,7 juta.

Sebelumnya, Mitsubishi Filipina juga telah meluncurkan Xpander Cross di tengah pandemi virus corona. Namun, karena Manila lockdown, Mitsubishi Filipina tak jadi menampilkan Xpander Cross secara langsung ke publik.

Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) memutuskan untuk membatalkannya karena meningkatnya kasus COVID-19 di negara tersebut. Awalnya, MMPC menjadwalkan menggelar peluncuran Xpander Cross di pusat perbelanjaan. Tapi, setelah Departemen Kesehatan menyatakan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada 9 Maret lalu, Mitsubishi membatalkan acara peluncuran mobil itu.

Meski begitu, Xpander Cross tetap dijual di Filipina. Mitsubishi Filipina sudah mulai menjual Xpander Cross. Di sana, mobil itu dibanderol 1.255.000 peso atau setara Rp 362 jutaan.

Mitsubishi Xpander Cross diklaim didesain khusus menyesuaikan gaya hidup baru konsumen yang membutuhkan kendaraan yang tangguh, namun tetap praktis. Xpander Cross mengusung konsep Dynamic Exterior Design. Secara desain mobil ini lebih tangguh, dengan tampilan muka Dynamic Shield dipadu desain geometrik.

Xpander Cross juga mengusung pelek ukuran baru 17 inci yang dibalut roda ukuran 205/55. Pelek dan roda yang makin besar ini turut berkontribusi terhadap peningkatan ground clearance-nya menjadi 225 mm atau 20 mm lebih tinggi dibanding Xpander MPV.

Xpander Cross menggunakan mesin 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari RPM rendah ke tinggi. Mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga maksimal 105 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Pilihan transmisinya ada otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Sistem penggeraknya masih menggunakan dua roda depan.



Simak Video "Muncul Pertama di Indonesia, Xpander Cross Tampilkan Tiga Varian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com