Jumat, 20 Mar 2020 06:54 WIB

Daihatsu Ayla Terbaru Dapat 'Warisan' Ayla Turbo

Rizki Pratama - detikOto
Daihatsu Ayla Terbaru Ayla terbaru diinspirasi dari Ayla Turbo Foto: Pool (Daihatsu Indonesia)
Jakarta -

Pada GIIAS 2018, Daihatsu menampilkan Ayla Turbo yang sukses memikat para pengunjung dan menjadi buah bibir. Mobil itu pun mendapatkan banyak permintaan dari konsumen untuk dimasukkan ke jalur produksi masal Daihatsu.

Setelah dua tahun pengembangan dan pengujian, tepatnya hari Kamis (19/3/2020) Daihatsu mendengar dan mengabulkan permintaan pasar. Ayla Turbo pun dipasarkan di Indonesia melalui New Astra Daihatsu Ayla.

"Hal yang menginspirasi Ayla adalah Ayla turbo. Ayap turbo konsep ini adalah mobil yang kami pamerkan di GIIAS 2 tahun lalu. Kami menerima sangat banyak feedback dari customer, sangat positif terutama untuk desain. Jadi mereka ingin kami mewujudkan dengan hadirnya mobil ini," kata Head of Styling Design Dept PT ADM, Mark Widjaja.

Tentunya tak semua yang diusung oleh Ayla Turbo diterapkan pada produksi masal Daihatsu Ayla terbaru. Ayla yang hadir sebagai mobil murah ramah lingkungan tak mungkin masuk kategori LCGC jika dapur pacunya dibuat seperti Ayla Turbo.

"Tentu saja karena ini adalah versi produksi maka kami harus melakukan adjustment di sana-sini supaya dream come true. Jadi selama ini kami mengembangkan mobil itu," ungkap Mark.

Warisan Ayla Turbo yang diterima Daihatsu Ayla terbaru antara lain bagian fasia sportynya. Mulai dari grill sampai lampu Ayla sudah dirancang ulang sedemikian rupa.

"Poin-poin yang paling penting kami ambil dari Ayla Turbo adalah big grille dikombinasi dengan piano black garnish kemudian kita tambahkan beberapa elemen lain supaya tampil sporty," jelas Mark.

Di dalam kabin terdapat instrumen kontrol yang sudah dirombak pula. pengatur suhu kendaraan pun dapat dikendalikan melalui sistem digital, sudah tidak lagi konvensional menggunakan knob. Tak lengkap kenyamanan tanpa keamanan, rear parking camera, ABS dan EBD pun sudah ditanamkan pada Daihatsuu Ayla terbaru.

"Pada segmen interior kita tambahkan floating tape centre cluster yang didalamnya kita tambahkan digital aircon jadi sudah tidak ada tombol lagi. Kemudian untuk fitur kenyamanan kita tambahkan audio with parking kamera dan satu lagi retractable auto mirror. Untuk urusan safety sendiri kita tambahkan ABS dan EBD. Selain itu ada dual SRS airbag yang sebenenarnya sudah ada di Ayla sebelumnya," pungkas Mark.



Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com