Kamis, 19 Mar 2020 17:04 WIB

Mengaspal Sejak 2013, Kini Ada 278 Ribu Agya di Jalanan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota New Agya Toyota Agya terbaru. Foto: Pool (Toyota)
Jakarta -

Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini sudah meluncurkan Toyota Agya terbaru. Di tengah pandemi virus corona, mobil ini meluncur secara virtual di channel YouTube Toyota Indonesia yang disiarkan secara langsung pagi tadi.

Toyota Agya terbaru ini mendapatkan penyegaran dari eksterior dan interiornya. Mobil ini juga memiliki fitur yang lebih canggih di kelasnya.

Sedikit kilas balik, Toyota Agya pertama kali meluncur pada tahun 2013. Saat itu Agya menjadi salah satu pionir dalam membuka pasar baru di Indonesia di segmen hatchback untuk kalangan anak muda modern.

"Sejak tahun 2013 pasar Agya atau entry hacthcback terus berkembang. Kalau dibandingkan tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan 2019, 4 kali lebih tinggi dibanding 2013," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy saat peluncuran Agya yang ditayangkan di channel YouTube Toyota Indonesia, Kamis (19/3/2020).

Sepanjang tahun 2013 hingga Februari 2020, segmen entry hatchback di Indonesia telah membukukan penjualan kumulatif sebesar 841.572 unit. Toyota Agya menyumbang 33,1% dengan total penjualan sebanyak 278.465 unit.

"Kumulatif total pasar enrty (termasuk hatchback seperti Agya dan entry MPV seperti Calya) ini sendiri menembus angka lebih dari 1 juta unit, yaitu 1,3 juta unit (sejak 2013). Hal ini membuktikan betapa pentingnya produk-produk enrty ini dalam menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia," sebut Anton.

Pada awalnya, Toyota Agya meluncur pertama kali sebagai mobil untuk kepemilikan pertama. Targetnya adalah konsumen yang sebelumnya memakai sepeda motor atau mobil bekas.

"Namun, semakin bergkembang, sehingga menciptakan perbedaan mendasar antara kebutuhan generasi muda dan keluarga muda, oleh karena itu kami menghadirkan Calya pada 2016. Segmen (entry) ini menjadi terbagi dua, Agya semakin menyasar ke segmen anak muda dan pembeli pertama yang membutuhkan mobil simpel, hatchback, sedangkan kami juga memiliki Calya yang memberikan satu paket kepada pelanggan untuk mendapatkan kebutuhan seven seater-nya," kata Anton.



Simak Video "Mobil Terbang Buatan Belanda Kantongi Izin Beroperasi di Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com