Produksi Komponen Otomotif Mulai Ngegas Lagi, Pasokan Global Stabil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 15 Mar 2020 18:03 WIB
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia menargetkan memproduksi 150.000 unit mobil Innova dan Fortuner di tahun 2012. Selain pasar domestik kendaraan yang diproduksi juga diekpor ke 28 negara. Yuk, kita intip proses perakitan mobil di pabrik yang terletak di Karawang tersebut.
Ilustrasi pabrik mobil. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Beberapa pabrikan otomotif di dunia terpaksa harus menunda produksi mobilnya. Itu karena mereka kekurangan pasokan komponen yang biasanya disuplai dari China.

China, terutama kota Wuhan di Provinsi Hubei, merupakan pusat wabah virus corona Covid-19. Di sana, aktivitas industri sempat ngerem karena virus corona. Akibatnya, pasokan komponen otomotif dari China yang terganggu.

Kini, produksi komponen otomotif di China mulai ngegas lagi. Diberitakan Reuters, Wakil Menteri Perindustrian China, Xin Guobin, mengatakan produsen komponen otomotif di Provinsi Hubei mulai melanjutkan aktivitas produksi.

Disebutkan, wilayah yang paling terpukul oleh pandemik virus corona itu berusaha untuk memulai kembali kegiatan ekonomi.

Xin mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers bahwa kementerian perindustrian China akan memantau situasi untuk pemasok suku cadang mobil di Hubei. Mereka memastikan bahwa rantai pasokan global stabil.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)