Kamis, 12 Mar 2020 09:05 WIB

Cegah Corona, Mobil Otonom Dimanfaatkan untuk Kirim Logistik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil otonom Neolix dipakai untuk antar logistik demi mencegah virus corona Mobil otonom Neolix dipakai untuk antar logistik demi mencegah virus corona. Foto: Dok. Neolix
Beijing -

Virus corona melukai banyak perusahaan di seluruh dunia. Demi mencegah penyebaran virus bernama COVID-19 itu, ada salah satu terobosan dalam bisnis pengiriman, yaitu dengan mengandalkan mobil otonom yang bisa melaju tanpa kendali manusia.

Hal itu diterapkan oleh Neolix, sebuah bisnis pengiriman yang menggunakan kendaraan tanpa sopir. Perusahaan yang berbasis di Beijing, China itu memanfaatkan teknologi mobil otonom untuk mengantar logistik.

Diberitakan Automotive News, perusahaan rintisan yang menarik pelanggan besar seperti Alibaba Group Holding itu telah mendapatkan pesanan mobil otonom lebih dari 200 unit dalam dua bulan terakhir. Padahal, menurut pendirinya, Yu Enyuan, perusahaan itu sebelumnya hanya memproduksi 125 unit sejak manufaktur dibuka pada Mei 2019 lalu.

Van kecil yang bisa melaju tanpa sopir dari Neolix membantu pelanggan mengurangi kontak fisik dan mengatasi kekurangan sopir yang harus dikarantina.

Kendaraan otonom Neolix digunakan untuk mengirimkan pasokan medis di rumah sakit, termasuk di pusat wabah virus corona di Wuhan. Mobil otonom itu juga digunakan untuk membantu membersihkan jalan dan mengantar makanan ke orang-orang yang bekerja mencegah penyebaran virus.

"Permintaan telah melonjak sejak wabah virus dan yang lebih penting, persepsi orang terhadap pengiriman tanpa pengemudi memiliki pergeseran 180 derajat. Orang-orang menyadari bahwa kendaraan seperti itu dapat menyelesaikan sesuatu ketika berisiko bagi manusia untuk melakukannya," kata Yu.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com