Rabu, 04 Mar 2020 14:53 WIB

Morphoz, Mobil Konsep Renault yang Bisa 'Berubah Bentuk'

Doni Wahyudi - detikOto
Renault Morphoz Renault Morphoz yang bisa memanjangkan body hingga 40 cm (Renault)
Jakarta -

Mobil konsep milik Renault ini dinilai jadi terobosan besar sebagai kendaraan masa depan. Bukan Transformers, tapi mobil yang dinamai Renault Morphoz ini benar-benar bisa berubah bentuk.

Perubahan bentuk yang bisa dilakukan mobil ini benar-benar nyata. Tapi tentu saja tidak seperti film fantasi Transformers. Perubahan yang bisa dilakukan Renault Morphoz adalah memanjangkan dan memendekkan body.

Pada 'City Mode', mobil ini memiliki panjang 4,4 meter dan mendapatkan tenaga dari baterai berkekuatan 40-kwh. Lalu dengan sekali sentuh, Renault Morphoz akan berubah. Wheelbase bertambah panjang 20 cm, sementara fascia belakang mundur juga sejauh 20 cm.

Renault MorphozRenault Morphoz Foto: Autoblog



Mode kedua ini, yang disebut sebagai 'Travel Mode', membuat Renault Morphoz memiliki wheelbase 4,8 meter. Dengan kata lain ada penambahan panjang total sebanyak 40 cm. Transformasi tersebut tentu saja bukan sekadar demi terlihat keren dan futuristis.

Pada 'City Mode' mobil ditenagai satu baterai yang memutar roda depan dengan kekuatan 134 tenaga kuda untuk jarak tempuh 399 km. Sementara dalam 'Travel Mode', Renault Morphoz memiliki 214 tenaga kuda dan jarak tempuh maksimal 700 km.

Upgrade performa ini memungkinkan terjadi karena pada 'Travel Mode' mobil ini bisa disematkan baterai tambahan. Inilah kunci peningkatan kemampuannya.

Renault MorphozRenault Morphoz Foto: Autoblog



Sebagaimana banyak mobil konsep lain, Renault Morphoz disematkan banyak teknologi canggih. Ban berukuran besar, cat yang perak mengilat, dan tampilan minimalis futursitis.

Tapi selain itu, Renault Morphoz punya senjata rahasia pada interiornya. Yang pertama mencuri perhatian adalah jok berkelir kuning yang didesain minimalis. Jok depan bisa dibalik 90 derajat sehingga bisa menghadap belakang.

Mayoritas interior dibuat dari bahan daur ulang, bahkan lantai mobil dibuat dari bekas wadah yogurt. Selain setir berbentuk segi empat, pada dashboard juga disematkan 10,2 inchi layar sentuh sebagai pusat kendali hampir semua fungsi kendaraan.



Simak Video "Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com