Selasa, 03 Mar 2020 08:35 WIB

Punya Gaji 3-4 Jutaan, Butuh Berapa Lama Nabung untuk DP Mobil?

Luthfi Anshori - detikOto
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV. LCGC bisa jadi pilihan mobil dengan harga terjangkau. Foto: Dok
Jakarta -

Anda berpenghasilan Rp 3 juta-Rp 4 juta per bulan dan sudah membutuhkan mobil pribadi untuk sarana transportasi? Jangan khawatir, Anda masih bisa kok menyisihkan uang untuk membeli mobil. Namun dengan catatan, pilihan mobilnya terbatas dan Anda harus membayar uang muka yang besar untuk meringankan biaya angsuran.

Untuk pilihan mobilnya sendiri bisa dikatakan hanya berjenis LCGC (Low Cost Green Car) dengan kisaran harga OTR sekitar Rp 150 juta rupiah. Tapi, pembeli harus menyiapkan uang muka (DP) sebesar 30% dulu. Butuh waktu berapa lama menabung untuk DP mobil jika gaji Rp 3-4 juta per bulan?

"Itu disesuaikan kemampuan kita. Misal dengan gaji Rp 3 juta-Rp 4 juta kita sebulan kita bisa nabung Rp 1 juta. Kalau harga LCGC itu Rp 150 juta aja, kita tinggal ambil 20 persennya berarti ketemu uang muka Rp 30 juta. Artinya, kita harus nabung paling nggak 30 bulan untuk bisa bayar DP-nya doang," ungkap Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, melalui sambungan telepon kepada detikcom, belum lama ini.

"Itu dengan asumsi tiga tahun lagi kita tetap pengin beli mobil yang sama, karena kan bisa saja bulan depan sudah keluar mobil baru lagi jadi beda lagi keinginannya," lanjut Andy.

Andy menyarankan supaya tetap patuh pada aturan DP minimal 30 persen ketika ingin kredit mobil. Ia juga menganjurkan agar jangan termakan bujuk rayu sales dealer yang mengiming-imingi DP murah.

"Ada orang teriming-iming dengan DP murah. Contoh kawan saya waktu dulu beli mobil 'sejuta umat', murah banget asli. Itu bahkan dipatok DP-nya cuma Rp 10 juta. Tapi dampaknya adalah cicilannya membengkak sampai Rp 4 juta per bulan. Nah kalau dia gaji cuma Rp 4 juta, habis dong gajinya buat bayar cicilan doang," terang Andy.



Simak Video "Pakai Uang Receh, Petani di Majalengka Beli Mobil Cash"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com