Senin, 02 Mar 2020 19:05 WIB

Wabah Virus Corona Hambat Suplai Suku Cadang Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Mahindra & Mahindra Ltd resmi menghadirkan lini produk terbaru mereka, Scorpio Pikup Single Cab dan Scorpio Pikup Double Cab. Dua mobil ini bakal dipasarkan oleh distributor RMA Group. Mobil asal India mengalami hambatan pasokan suku cadang. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Seiring meluasnya wabah virus corona, merek mobil asal India, Tata dan Mahindra, menghadapi masalah suplai suku cadang. Dikutip dari Reuters, kedua merek itu mengalami hambatan pasokan suku cadang dari China.

"Memasuki bulan Maret, kami menghadapi tantangan pasokan suku cadang selama beberapa minggu ke depan, sebelum kembali ke keadaan normal," kata Kepala Penjualan dan Pemasaran Mahindra Veejay Ram Nakra.

Kondisi serupa juga dialami merek India lainnya, Tata. Saat ini merek yang terkenal dengan kendaraan komersialnya itu juga sedang bekerja keras untuk menghadapi terhambatnya pasokan suku cadang dari China akibat virus Corona.

Di bulan Februari 2020, Mahindra, Tata, dan Maruti Suzuki mengumumkan penurunan penjualan. Penjualan domestik Mahindra turun hingga 42 persen, Tata turun 34 persen, dan Suzuki turun 1,6 persen dibanding periode Februari 2019.

China sebagai salah satu pemain utama di industri otomotif dunia, menyuplai suku cadang kendaraan ke berbagai belahan dunia. Dengan terjadinya wabah ini, beberapa pabrik manufaktur di China berhenti beroperasi sementara.

Di luar China, Hyundai dan Nissan telah mengumumkan penutupan pabrik sementara akibat terhambatnya pasokan suku cadang. Masalah serupa juga dialami merek asal Inggris, Jaguar Land Rover.



Simak Video "Tambah 2.473, Kasus Corona RI Jadi 121.226"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com