Sabtu, 29 Feb 2020 22:16 WIB

Untung-Rugi Beli Mobil Bekas Taksi

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil bekas taksi Ilustrasi mobil bekas taksi.Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Mobil bekas taksi bisa jadi pilihan menarik karena harganya yang miring. Namun di sisi lain, mobil bekas taksi diragukan daya tahannya karena punya jarak tempuh tinggi. Seperti apa untung rugi beli mobil bekas taksi?

Pertama seperti yang telah disebutkan di atas, mobil bekas taksi memiliki banderol lebih murah dibanding harga pasaran. Di group Bluebird misalnya, mobil bekas taksi ditawarkan mulai Rp 60 juta sampai Rp 115 juta.

"Keuntungan beli mobil bekas taksi harganya lebih murah. Dan kalau perawatannya diperhatikan kita bisa dapat mobil dengan kondisi yang bagus," terang CEO OtoSpector, Jeffrey Andika, melalui sambungan telepon kepada detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Dengan banderol yang murah, konsumen mobil bekas taksi bisa melakukan restorasi atau kustomisasi dengan sisa anggaran. Sehingga bisa mendapatkan spesifikasi mobil sesuai selera.

"Sementara untuk kerugiannya, mau enggak mau pasti kita dapat mobil capek, mobil dengan kilometer tinggi (200 ribu-300 ribu km). Maka itu perawatannya pun juga harus lebih hati-hati," lanjut Jeffrey.

Selain itu, mobil bekas taksi kemungkinan besar tidak bisa dipakai dalam jangka panjang. "Mungkin bisa dipakai sampai 3-5 tahun lagi, tapi itu tergantung dari perawatannya juga sih," ujar Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih.



Simak Video "Tetap Cuan Saat Corona Lewat Bisnis Eks Taksi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com