Jumat, 28 Feb 2020 10:39 WIB

Belajar Nyetir Sampai Tewaskan Bumil, Kok Bisa Salah Injak Pedal?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
TKP Ibu Hamil ditabrak hingga tewas Foto: TKP Ibu Hamil ditabrak hingga tewas (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Ibu hamil menjadi korban tewas ditabrak mobil. Diketahui, sopir mobil yang menabrak korban belum memiliki jam terbang. Ibu hamil itu ditabrak oleh pengendara mobil yang sedang belajar nyetir.

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, kecelakaan maut itu disebabkan pelaku salah menginjak pedal gas. Mulanya, mobil itu sedang berhenti hingga pelaku mengemudikan mobilnya beberapa saat setelah korban melintas di depannya. Duh, kok bisa sih sampai salah injak pedal begitu?

Kecelakaan yang dipicu oleh kejadian salah injak pedal sudah cukup sering terjadi. Pakar keselamatan berkendara meminta kepada pengendara untuk memahami fungsi dari masing-masing pedal yang ada di mobil.

"Yang bersangkutan (pengemudi mobil yang sedang belajar nyetir) belum paham, menginjak pedal itu nggak sembarangan. Sebelum diinjak si pengemudi harus paham dulu yang mana pedal gas, rem, kopling dan segala risiko-riskonya," kata Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, kepada detikcom, Jumat (28/2/2020).

Sony menambahkan, sebelum berkendara, dalam keadaan mobil berhenti pengemudi sebaiknya memahami posisi masing-masing pedal. Ia juga menegaskan bahwa belajar mengemudi harus di lingkungan tertutup dan didampingi instruktur profesional. Instruktur bisa meminta pengemudi yang sedang belajar nyetir untuk memindahkan telapak kaki ke pedal-pedal secara mendadak apakah yang dilakukan sudah benar atau belum.

"Kalau metodenya salah, ketika mobil berjalan yang bersangkutan kadang grogi, kadang nggak siap mental, kadang kaku. Step ini pelajaran dasar. Nggak bisa ujug-ujug turun ke jalan," ujarnya.



Simak Video "Bus Maut Kecelakaan di Subang Ternyata Sudah Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com