Kamis, 20 Feb 2020 18:33 WIB

Arti Emblem RS di Jajaran Mobil Honda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jajaran Mobil Honda dengan emblem RS Jajaran mobil Honda yang menggunakan emblem RS, ada Jazz, Mobilio, Brio, dan Civic Hatchback. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto
Jakarta -

Beberapa mobil Honda saat ini dijual dengan varian RS. Emblem RS ini tak cuma tempelan, ada arti di baliknya.

Public Relations & Digital Manager Honda Prospect Motor (HPM), Yulian Karfili, mengatakan Honda punya beberapa varian mobil yang lebih sporty. Tak cuma RS, ada juga emblem SI dan Type R.

"Kalau kita lihat, Honda itu punya arahan ke mobil-mobil sport. Kalau sport itu kita membagi menjadi dua, ada yang ke arah luxury itu kita pakai brand Accura. Untuk Honda sendiri semua mobil Honda itu karakter dasarnya ke arah sport, karena DNA-nya sendiri adalah racing. Tapi ada beberapa varian yang diberikan karakter sport yang lebih dibangingkan varian-varian standar lainnya," kata pria yang akrab disapa Arfi di sela-sela acara test drive Honda Civic Hatchback RS di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Untuk varian sporty Honda, dibagi menjadi beberapa kelas. Seperti disebutkan sebelumnya, untuk varian sporty Honda punya emblem RS, SI dan Type R. Apa bedanya?

"RS itu adalah road sailing. Road sailing itu kita mengibaratkan kalau kita berkendara sehari-hari di jalan perkotaan, memberikan karakter enak dikendarai. Intinya seperti kita berlayar di jalan raya. Everyday sport yang memberikan keseimbangan antara utilitas sehari-hari tapi juga performa sporty," katanya.

"Di atasnya ada SI, atau sport injected. Nah ini disebutnya all arround sport, mirip-mirip dengan RS, tapi tingkatannya lebih tinggi. Dari sisi tuning lebih tinggi ke arah sport. Sementara Type R adalah racing. Bukan hanya tampilan, tapi juga mesin di-build khusus bahkan mampu diuji di racetrack. Kayak Civic Type R diuji di racetrack," sambungnya.

Untuk RS sendiri, kini Honda telah menyematkan emblem itu di mobil Honda Jazz, Mobilio, Brio dan yang terbaru Civic Hatchback. Masing-masing mobil itu memang memiliki karakter konsumen yang berbeda. Misalnya Honda Mobilio lebih kepada keluarga muda, sementara Honda Jazz, Mobilio dan Hatchback lebih menyasar anak muda.

"Tapi untuk karakter ini, ada yang mau karakter lebih sporty yang mencerminkan karakter mereka. Mereka menginginkan mobil yang tidak hanya fungsional tapi juga lebih fun untuk dikendarai. Makanya ada grade RS yang ditambahkan aerokit dan lain-lain, atau lebih sporty," sebut Arfi.

Arti Emblem RS di Jajaran Mobil Honda


Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com