Kamis, 20 Feb 2020 06:46 WIB

Mobil Lima Ban, Inovasi Alat Bantu Parkir yang Tak Laku

Ridwan Arifin - detikOto
Penemuan roda kelima untuk mudahkan parkir Penemuan roda kelima mobil Foto: Tangkapan layar Youtube
Jakarta -

Parkir mobil pararel memang susah-susah gampang. Selain perlu konsentrasi, diperlukan feel dan kesabaran saat memasukkan mobil ke ruang yang sempit. Masalah ini sempat ditemukan solusinya dengan penciptaan roda kelima pada tahun 1930-an.

Adalah Insinyur asal California, Brooks Walker, yang punya ide awal menambahkan ban tambahan yang dipasang pada bagian belakang mobil. Ban ini dalam posisi tersembunyi saat tidak dipakai, namun bisa diturunkan untuk menjejak aspal saat dibutuhkan untuk parkir. Berbeda dengan empat ban lain, ban kelima ini dipasang melintan, tujuannya untuk membuat mobil bisa bergerak diagonal.

Saat ban belakang mobil diturunkan, buntut mobil pun terangkat. Ini memudahkan pengemudi untuk menggeser bokong mobil ke kiri atau ke kanan, tanpa perlu pengemudi untuk turun dari mobil. Temuan ini tentu menjadi kabar baik saat orang-orang kesulitan untuk parkir pararel.

Mengutip dari hagerty, Rabu (19/2/2020) Brooks Walker pertama kali menjajal dengan memodifikasi mobil empat pintu Packard. Diduga mobil itu produksi tahun 1933 -terlihat pada pelat nomor yang terekam dalam video-. Disebutkan Walker mendapatkan paten pada tahun 1938.

Namun bertahun-tahun kemudian, ada materi pemberitaan dari California yang menampilkan roda kelima mobil pada 17 November 1952 yang dilakukan oleh seorang penemu yang tidak disebutkan namanya.

Roda kelima pada mobil Cadilac 1951 ini bahkan lebih modern, menggunakan driveshaft. "Telah dikembangkan sesuatu untuk menyembuhkan sakit kepala pengemudi dengan menempatkan ban cadangan yang bisa bekerja membantu (saat parkir)," sebut narasi dalam video tersebut.

Narator itu menyebut perangkat ini sebagai 'Park Car,' dan mengatakan itu dapat diinstal pada mobil model apa pun dan akan memudahkan untuk jenis parkir apapun.

"Perhatikan cara kerjanya. Mengambil tenaga dari driveshaft, ban cadangan mengayunkan di ujung belakang. Lalu dia hanya menarik ban cadangan, kembali ke jalan, dan pergi!"

Disebutkan juga Walker pernah membawa penemuannya ke Detroit -ditawarkan ke sebuah perusahaan otomotif-. Setiap perangkat yang ditambahkan fitur roda kelima ini akan menelan biaya sekitar $ 175 pada masa itu, atau sekitar $ 1628 di zaman sekarang. Hitung-hitungan itu membuat para pembuat mobil tak meliriknya. Ditambah penambahan roda tersembunyi memakan tempat bagasi, Detroit pun menolaknya.

Seperti ditulis oldcarsweekly, kendati mendapat penolakan, Walker belum menyerah dengan temuannya ini. Pada 1953, ia membuat sedan Packard Cavalier dengan ban kelima yang tersembunyi di dalam bagasi, sebagai kendaraan prototipe. Namun sebelumnya karena dirasa memakan tempat bagasi, ia pun mengakali dengan menempatkannya di luar, alias pada bumper belakang.

Menggunakan serangkaian roda gigi, pompa dan saluran hidrolik, sistem Walker dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol di bawah dasbor. Anehnya, Detroit kembali mengatakan tidak.

Hingga akhir 1970-an, Walker masih mengembangkan sistem parkir paralel untuk mobil, dan upaya terakhir yang diketahui adalah menggunakan sedan Saab. Pada saat itu, ia masih memiliki beberapa mobil tahun 1950-an dengan variasi fitur perangkat parkir, termasuk Ford awal 1950-an, Oldsmobile 1957, dan Cadillac Series Sixty tahun 1951.Semua mobil ini dimodifikasi dari bawah untuk memungkinkan ban disembunyikan di bawah mobil sampai diturunkan dalam proses memarkir mobil.

Namun hingga akhir hayatnya, belum ada produsen otomotif yang melirik roda kelima sebagai alternatif, kendati demikian, Walker berhasil mewujudkan mimpinya jadi kenyataan.



Simak Video "Curi Mobill, Dua Residivis Didor Polisi "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com