Senin, 17 Feb 2020 13:52 WIB

Honda Kurang 'Greget' Dibandingkan Merek Lain Soal Mobil Listrik di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik kecil Honda e. Mobil listrik Honda Foto: Geneva Motor Show
Jakarta -

Secara global Honda memiliki semua model elektrifikasi. Namun PT Honda Prospect Motor (HPM) belum mengumumkan jenis mobil listrik apa yang ditawarkan ke Tanah Air. Sementara pabrikan lain, seperti Nissan dan Hyundai sudah lebih dulu mengumumkan salah satu produk yang bakal dipasarkan.

Bussines Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan alasan Honda hingga saat ini yang belum memasarkan mobil listrik atau bahkan mengumumkan produk apa yang bakal dikenalkan nanti.

"Bedanya hanya merek lain mengumumkan, kami kan belum, kami tidak diam saja, karena semua ada (lini produk mobil elektrifikasi), tinggal pilih mana yang cocok (di Indonesia-Red)," kata Yusak di di Fasilitas Training Center PT HPM, Jakarta, akhir pekan lalu, Sabtu (12/2).

Namun yang pasti Yusak mengatakan pihaknya masih menanti aturan turunan mengenai petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis).

"Teknologi elektrifikasi itu harus dipikirkan secara baik. Benar-benar harus cocok buat kebutuhan konsumen, sedangkan aturan jelasnya, belum (keluar). Kami punya semua line up-nya," ungkap Jusak.

Adapun saat disinggung investasi Rp 5,1 triliun, ia mengatakan tidak untuk produksi mobil hybrid dan listrik. Namun berfokus strategi mobil konvensional sesuai kebutuhan pasar, lokalisasi industri otomotif Honda dan sebagainya.

Untuk pasar Indonesia, HMC sudah mengantongi strategi yang diklaim lebih cocok untuk pasar dalam negeri saat ini.

"Sekarang yang paling cocok apa? Hybrid, karena perlu bridging (jembatan), jadi konsumen perlu diedukasi, bagaimana mobil listrik," tutur Yusak.

"Hybrid kan masih ada engine-nya, ada juga baterai, jadi konsumen bisa belajar dahulu,, keunggulan baterai pada mobil itu bagaimana," ungkap Yusak.



Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com