Senin, 17 Feb 2020 12:53 WIB

Toyota Sudah Uji Supra Transmisi Manual

Rizki Pratama - detikOto
Toyota GR Supra Masih ada harapan Toyota Supra transmisi manual diproduksi Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Para penggemar mobil sport memiliki alasannya sendiri lebih menggemari transmisi manual. Toyota Supra GR yang baru pun mendapatkan banyak permintaan dari penggemarnya untuk dibuatkan transmisi manual.

Toyota tentu tidak menutup telinga dan sudah melakukan upaya memenuhi permintaan tersebut. Carbuzz melaporkan dalam kunjungannya di preview Toyota Supra produksi 2021 bahwa tahun depan belum akan ada Toyota Supra transmisi manual namun, Toyota sudah melakukan pengujian transmisi manual pada mobil legendaris tersebut.

"Kami telah menguji mobil dengan transmisi manual, tapi kami belum berencana untuk melakukannya sekarang," kata Chief Engineer Toyota, Tetsuya Tada.

Toyota SupraToyota Supra Foto: Rifkianto Nugroho

Ia mengaku memang ada yang meminta Supra menggunakan transmisi manual. Toyota bahkan sudah uji coba untuk semua varian Supra menggunakan transmisi manual. "Kami sadar bahwa orang menginginkan manual. Semua varian sudah diuji dengan manual," ungkap Tada.

Alasan lain manual belum diberikan ke pasar adalah Toyota ingin memberikan kesempatan pada transmisi otomatis yang diklaim memberikan sensasi berkendara lebih baik pada generasi terbarunya ini. Transmisi otomatis pada Supra tidaklah seperti apa yang orang-orang kebanyakan bayangkan.

"Salah satu alasan utama mengapa kami belum mengeluarkan versi manual adalah transmisi otomatis ini tidak seperti yang pernah kebanyakan orang gunakan. Saya ingin orang merasakan transmisi baru ini," jelas Tada.

Tada-San menunjukkan bahwa pada generasi Supra sebelumnya transmisi otomatis memang kalah dari manual. Namun, untuk generasi kali ini transmisi otomatis menawarkan waktu putaran lap lebih cepat dan tidak bisa dikalahkan oleh transmisi manual.

"Pada masa A80 Supra, otomatisasi tidak sebagus manual. Tapi yang ini waktu putaran yang lebih cepat dan [tidak ada] area di mana ia kalah dari manual," paparnya.



Simak Video "Toyota Supra Terbaru Akhirnya Resmi Mengaspal"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com