Sabtu, 15 Feb 2020 19:19 WIB

Serupa tapi Tak Sama, Sekilas Perbedaan Teknis Suzuki Ertiga dan XL7

Luthfi Anshori - detikOto
Suzuki XL7 Interior Suzuki XL7 (Luthfi Ansori/detikOto)
Jakarta -

Suzuki memperkenalkan varian low SUV baru, XL7. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model low MPV, Ertiga, yang sebelumnya sudah eksis di pasaran. Lalu apa saja perbedaan Ertiga dan XL7?

Dijelaskan Head of Marketing 4W PT SIS (Suzuki Indomobil Sales) Donny Saputra, ada 211 komponen XL7 yang berbeda dengan komponen Ertiga. Sebagian besar perbedaan ini terdapat pada sisi teknisnya.

"Secara detail ada komponen yang berbeda, antara XL7 dengan Ertiga," ungkap Donny, di sela-sela peluncuran Suzuki XL7, di Grand Ballroom Krakatau, TMII, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Suzuki XL7 jadi pesaing baru di kelas low SUVSuzuki XL7 jadi pesaing baru di kelas low SUV Foto: Luthfi Ansori/detikOto



Donny mencontohkan, dari desain tangki, walaupun secara kasat mata tidak kelihatan, tapi desain tangki bahan bakar XL7 berbeda.

"Kaki-kaki juga di-tune lagi sehingga sesuai dengan kebutuhan sebagai SUV. Selain itu, BCM (Body Control Module) dan ECU (Electronic Control Unit) kedua mobil ini sangat berbeda. Milik XL7 kami ganti BCM dan ECU-nya. Jadi secara overall sudah kami pikirkan," lanjut Donny.

Selain perbedaan dari sisi teknis, dari segi dimensi antara Ertiga dan XL7 juga ada perbedaan. Jarak terendah ke tanah atau ground clearance, misalnya, Ertiga punya ground clearance 180 mm, sementara XL7 200 mm.



Kemudian dari spesifikasi, panjang x lebar x tinggi, Ertiga memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Sementara XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775, dan tinggi 1.710 mm.

Lanjut untuk profil ban, dari data spesifikasi, XL7 memakai profil ban berukuran 195/60 R16, sementara Ertiga pakai profil ban 185/65 R15.

Serupa tapi Tak Sama, Sekilas Perbedaan Teknis Suzuki Ertiga dan XL7


Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com