Sabtu, 15 Feb 2020 17:20 WIB

Brio Tembus Rp 170 Juta, Masih Pantas Disebut Mobil Murah?

Ridwan Arifin - detikOto
New Honda Brio Honda Brio varian paling rendah kini seharga Rp 146 juta (Dok. Honda)
Jakarta -

Mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) semakin jauh meninggalkan angka Rp 100 Juta. Banderol mobil LCGC termahal saat ini ada pada Honda Brio tipe E CVT dengan harga Rp 170,1 juta.

Bahkan harga Brio termurah yang masuk segmen LCGC dijual pada angka Rp 146 juta. Nilai tersebut nyaris mendekati Low MPV seperti Avanza, Ertiga, Xpander, dan model lainnya.

Business Innovation and Sales & Marketing HPM, Yusak Billy mengatakan kenaikan banderol tetap mengikuti ketentuan pemerintah. Ditambah, kenaikan harga juga selaras dengan penambahan fitur.



"Itu kan automatic yang harganya segitu (Rp 170 jutaan)," kata Jusak Billy di Sunter, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

"Kan kita mengikuti semua aturan pemerintah, ada harga paling rendah harus berapa, kalau dia (mobil LCGC) ada teknologi bisa tambah berapa, itu semua diaudit sama pemerintah," kata Jusak.

Memang, tren kenaikan harga mobil terjadi di setiap segmen dan merek mobil. Masuk tahun 2020, bahkan tak ada lagi mobil di segmen LCGC yang dijual di bawah Rp 100 juta. LCGC paling murah dibanderol Rp 101,65 juta, yakni Daihatsu Ayla tipe terendah.

Tak bisa dimungkiri, harga rendah jadi daya tarik masyarakat. LCGC terbukti menjadi segmen terlaris kedua di bawah low MPV dan sanggup mempertahankan total penjualan nasional di atas 1 juta unit pada 2019.



Di tahun 2019, misalnya, Honda Brio -digabung dengan penjualan Brio RS (non lCGC)-berhasil menempati urutan kedua di bawah Toyota Avanza. Mobil berkapasitas empat penumpang ini mampu membukukan angka penjualan sebesar 70.344 unit.

Pun di awal tahun 2020, Honda Brio Satya masih menyumbangkan kontribusi tertinggi dengan penjualan sebanyak 4.348 unit di bulan Januari 2020, meningkat 20% dibandingkan bulan Januari tahun lalu. Sementara Honda Brio RS meraih penjualan sebesar 1.297 unit, juga meningkat 6% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Brio Tembus Rp 170 Juta, Masih Pantas Disebut Mobil Murah?


Simak Video " Honda Brio, Si Kecil yang Berdaya Tarik Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com