Rabu, 12 Feb 2020 15:11 WIB

Imbas Corona Harga Produk China Naik, Bagaimana Mobil Wuling?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pabrik Mobil Wuling di Cikarang Pabrik Wuling di Cikarang beroperasi normal tanpa terkendala virus corona. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Jakarta -

Virus corona yang menjangkiti masyarakat China bisa memberikan dampak negatif bagi sektor ekonomi. Bahkan, sektor ekonomi Indonesia bisa terpengaruh.

Menurut Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus bencana virus tersebut bisa membuat pasokan barang dari China ke Indonesia terganggu. Hal itu karena menurunnya produktivitas di Negeri Tirai Bambu imbas wabah mematikan itu. Karena pasokan barang dari China terganggu, kelangkaan barang impor dari China bakal melambungkan harga di Indonesia. Hal itu sesuai hukum supply-demand. Bagaimana dengan produk otomotif merek China seperti Wuling?

Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom, mengatakan aktivitas Wuling Motors di Indonesia tak terganggu wabah virus corona. Menurutnya, pabrik Wuling di Cikarang tetap berjalan normal sehingga tidak terjadi kelangkaan barang. Harganya pun masih normal.

Pabrik Wuling di Cikarang. Pabrik Wuling di Cikarang. Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia

"Untuk kejadian (corona) itu sebenarnya kita tidak terlalu terpengaruh. Karena memang kita kan produksinya di Cikarang. Produksi untuk pasar Indonesia sih sampai sekarang tetap berlanjut," kata Gomgom kepada detikcom, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, Wuling juga punya banyak pemasok komponen dari Indonesia yang berada di sekitar pabrik Wuling di Cikarang. Makanya, sampai sekarang produksi masih berjalan karena pasokan komponen masih aman.

"Seluruh lini produk Wuling (di Indonesia) diproduksi di fasilitas kami yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Maka dari itu, harga produk Wuling tidak berpengaruh," ujar Gomgom.

Gomgom menambahkan, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) sebagai produsen mobil merek China yang beroperasi di Indonesia juga telah mengambil langkah antisipatif untuk memperkuat pencegahan serta mengurangi potensi risiko penularan corona.

"Kami melakukan pembatasan perjalanan ke berbagai daerah di Tiongkok untuk sementara waktu bagi para karyawan Wuling. Apabila ada karyawan yang melakukan perjalanan dari Tiongkok menuju Indonesia, mereka wajib mematuhi kebijakan inspeksi kesehatan sesuai dengan persyaratan dari kedua belah negara, baik pemerintah Tiongkok maupun Indonesia, termasuk melakukan pengamatan medis. Sebagai informasi, saat ini fasilitas Wuling Motors di Cikarang, tetap beroperasi seperti biasa," ujarnya.



Simak Video "Kasus Aktif Covid-19 Indonesia di Bawah Rata-rata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com