Senin, 10 Feb 2020 18:32 WIB

NASA Cari Mobil untuk Dipakai di Bulan

Doni Wahyudi - detikOto
Tire track on the desert at supermoon night. NASA mencari kendaraan untuk dipakai di bulan (istock)
Jakarta -

NASA sedang merancang program untuk kembali mendatangi bulan dalam beberapa tahun ke depan. Tapi sampai saat ini mereka belum mendapat mobil yang cocok untuk dipakai di sana.

Proyek NASA untuk mengirim manusia kembali ke bulan sudah dicanangkan sejak 2018. Rencananya, badan antariksa Amerika Serikat itu bakal mengirim manusia ke bulan pada 2022.

NASA punya rencana besar di bulan, salah satunya menjelajah kutub selatan bulan dan mencoba menyiapkan lokasi untuk ditinggali manusia pada 2028.


Demi meuwujudkan niat mejelajah 'teman' terdekat Bumi itu, NASA masih dapat banyak kesulitan. Salah satunya mencari kendaraan darat yang akan digunakan di bulan. NASA butuh mobil yang sangat bisa diandalkan, lantaran kondisi geografis bulan sangat menantang.

Untuk itu, NASA kini meminta bantuan industri otomotif untuk menciptakan mobil untuk bisa dipakai di sana.

"Kami beralih ke (dunia) industri, untuk menawarkan ke kami pendekatan menarik yang mereka miliki untuk memberi pengaruh pada sistem (kendaraan) yang ada di bumi kini. Baik itu (kendaraan) penegak hukum, militer, atau kendaraan rekreasi, yang nantinya bisa kami modifikasi untuk digunakan di luar angkasa, atau membantu mobilitas arsitektur kami," ucap Wakil Administrator Eksplorasi dan Direktorat Misi Penelitian NASA, Steve Clarke, dikutip dari MSN.



Disebutkan juga, NASA telah meminta pihak swasta untuk menyumbangkan ide pembuatan kendaraan LTV (Lunar Terrain Vehicle). Mobil tersebut harus memenuhi beberapa syarat utama yang ditetapkan NASA, salah satunya 100% ditenagai listrik.



Simak Video "NASA Buka Lowongan Astronaut, Intip Persyaratannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com