Senin, 10 Feb 2020 10:16 WIB

4 Alasan Kamu Harus Pasang Dashcam Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Car video camera attached to the windshield to record driving and prevent danger from driving 4 Alasan Kamu Harus Pasang Dashcam Mobil (istock)
Jakarta -

Saling tuding, adu mulut, sampai adu jotos kerap terjadi pada kecelakaan-kecelakaan di jalan. Dashcam bisa menghindarkan kamu dari situasi apes itu.

Mampu merekam video dalam kualitas yang cukup baik, dashcam bisa menjadi solusi dari banyak masalah yang sering ditemui pengendara di kota-kota besar seperti Jakarta. Faktanya, pengguna dashcam di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir meningkat pesat.

Beberapa menganggapnya punya peran penting demi keamanan dan keselamatan. Ada juga yang memanfaatkan video rekaman dascam sebagai konten untuk media sosial mereka.



Terlepas dari apapun tujuannya, dashcam punya banyak fungsi penting.

1. Menjadi alat bukti terpercaya

Sering terjadi di seluruh penjuru dunia perdebatan antara pengguna kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan. Saling tuduh dan tuding kerap berujung adu jotos.

Bagi yang tidak mau terjebak dalam situasi seperti itu, menggunakan dashcam bisa menjadi solusi. Adanya rekaman gambar dapat menjadi sebuauh bukti otentik sehingga siapa yang salah dan benar dapat terlihat dengan baik.


"Paling utama yang tadi kita perlu pakai dashcam jika terjadi kecelakaan bisa menjadi bukti yang terpercaya jadi tidak perlu debat kusir," kata Direktur Pemasaran Blackvue Indonesia, Rudy Ham saat dihubungi detikcom, Jumat (7/2/2020).

2. Menghindarkan kita jadi korban pemerasan.

Selain itu menggunakan dashcam juga dapat menghindari kita menjadi korban fraud atau pemerasan. Fraud merupakan sebuah tindakan seseorang yang berpura-pura tertabrak oleh mobil. Orang yang sebenarnya tidak mengalami luka serius itu pun menuntut ganti rugi kepada pemilik mobil karena tak mau memperpanjang masalah.

"Kedua dia bisa menghindari yang namanya fraud," ujar Rudy.



3. Memantau aktivitas di dalam mobil

Selain dapat digunakan merekam kejadian di luar mobil, dashcam juga dapat merekam apa yang terjadi dalam kabin. Biasanya ini akan dibutuhkan untuk keluarga yang mobilnya dikendarai supir untuk mobilitas anak. Dengan begitu orang tua dapat terus memantau situasi dari anak kesayangannya.

"Kadang dipakai untuk memantau keluarga apalagi di Indonesia banyak pakai sopir. Kita bisa pantau anak kita lagi di mana," timpal Rudy.

4. Jadi konten medsos yang menarik

Terakhir menggunakan dashcam juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi. Video-video yang direkam dapat diunggah kembali ke media sosial untuk berbagai keperluan. Bisa untuk mencari pelaku tabrak lari atau sekedar membagi kejadian pelanggaran lalu lintas yang lucu.

"Kita biasanya juga sharing media sosial juga. Jadi kita bisa saling berbagi ada kejadian apa, ada kejadian langka, kecalakaan parah ga ada saksi bisa ambil dari situ, kejadian lucu apalagi sekarang jaman medsos," tutupnya.



Simak Video "Alphard Via Vallen Diduga Sengaja Dibakar, Terduga Pelaku Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com