Minggu, 09 Feb 2020 10:50 WIB

Dashcam Mobil: Bukan Sekadar Gaya-gayaan, tapi Demi Keamanan

Rizki Pratama - detikOto
Dashcam untuk mobil Ilustrasi dashboard kamera Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Penggunaan alat perekam video makin banyak manfaatnya. Salah satunya, dashboard camera atau dashcam, sebuah kamera yang menempel di kaca depan mobil untuk merekam kejadian di sepanjang perjalanan.

Kini dashcam kian digemari dan tak sekedar ikut-ikutan tren.

Dalam kasus kecelakaan lalu lintas perlu bukti kuat untuk mengungkap dan menyelesaikan masalah dengan tuntas. Pada transportasi udara seperti pesawat ada namanya blackbox sedangkan pada mobil bisa mengandalkan kamera perekam berupa dashcam.

Penggunaan dashcam dapat menghindari pemilik kendaraan terhindar dari berbagai penuduhan tanpa alasan ketika terjadi sebuah tabrakan. Melalui video yang terekam dapat melihat bagaimana proses terjadi sebuah kecelakaan.

"Dashcam bisa fungsi utama buat untuk keamanan. Artinya jika terjadi kejadian ada saksi mata yang benar-benar bisa kita percaya jadi barang bukti," ujar Direktur Pemasaran Blackvue Indonesia, Rudy Ham saat dihubungi detikcom beberapa waktu yang lalu.

Seiring perkembangan zaman, teknologi dashcam pun makin canggih. Contohnya bisa melihat video Live Streaming, Resolusi Kamera 4K, Menyimpan ke Cloud, hingga Teknologi Night vision untuk merekam di malam hari.

Rudy menjelaskan tidak semua kamera dapat menjadi dashcam yang memiliki durabilitas dan fungsi sama seperti blackbox pada pesawat. Kamera biasa yang dimodifikasi biasanya rentan terhadap suhu panas atau kondisi buruk lainnya.

"Kamera biasa itu artinya kamera yang kita modifikasi sedikit terus ditempel pada mobil, itu yang umum di pasar berdasarkan segala kondisi jalan raya nggak mampu meng-handle kondisi jalan ekstrim. Kalau itu kamera sekaligus blackbox untuk mobil jadi dalam segala kondisi tetap bisa merekam," jelas Rudy.

Selain durabilitas, kualitas gambar tentu menjadi syarat utama dashcam dapat diandalkan sebagai barang bukti. Kondisi panas juga pada kamera jika tidak menyebabkan mati juga dapat mengurangi ketajaman gambar. Tak lupa pula dashcam yang baik harus mampu merekam gambar dalam kondisi minim cahaya.

"Biasanya kamera kalau panas mati. Kedua kalau panas tinggi lensanya jadi blur jadi hasil kurang bagus. Kemudian kondisi malam ada night vision jadi video tetap terang," tutup Rudy.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com