Jumat, 07 Feb 2020 20:51 WIB

Kenapa Mobil Presiden Selalu Berwarna Hitam?

M Luthfi Andika - detikOto
Rombongan Mobil Presiden dan Wakil Presiden Kenapa mobil dinas presiden umumnya berwarna hitam (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Nyaris di seluruh dunia, mobil dinas presiden berwarna hitam. Pemilihan warna gelap bukannya tanpa alasan. Kenapa, ya?

Meski ada juga yang menggunakan selain warna hitam, kebanyakan presiden di berbagai negara di dunia memilih mobil berwarna gelap. Di Indonesia, mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard yang saat ini dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berkelir hitam.

Pemilihan warna hitam ternyata terkait juga dengan sisi psikologi. Warna hitam dianggap menggambarkan kekuatan, keanggunan, formalitas, dan kualitas. Warna gelap juga menunjukkan otoritas.

Representasi makna hitam itulah yang membuat mobil kepresidenan dianggap lebih pas jika diberi kelir hitam. Malah, di Amerika Serikat mobil kepresidenan dan semua kendaraan pengawalnya selalu berwarna hitam.



Warna hitam juga menjadi cara untuk membedakan mobil kepresidenan dengan kendaraan pemerintah lain. Misalnya mobil polisi, pemadam kebakaran, kendaraan militer, dan sebagainya.

Namun ternyata ada juga petinggi negara yang tak menggunakan mobil hitam. Presiden Amerika Serikat ke-34, Dwight D. Eisenhower, pernah mengendarai Cadillac Eldorado putih tahun 1953 di sepanjang Pennsylvania Avenue, saat dia menjalani parade pelantikan. Mobil itu ternyata adalah hadiah dari produsen mobil Amerika, General Motors.

Di Filipina, tidak semua kendaraan kepresidenan dan pengawal dicat hitam. Ada mobil kedua yang digunakan selain kendaraan utama, banyak dari unit alternatif itu dicat putih atau silver.

Mantan Presiden Filipina, Presiden Ramon Magsaysay, pernah menunggangi sebuah mobil Ford convertible warna putih pada 1953. Itu juga terjadi saat pelantikan.



Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukhamedov, juga tak suka dengan mobil hitam. Awal 2018 lalu, Berdymukhamedov melarang seluruh mobil berwarna hitam melintas.

Berdymukhamedov lebih menyukai mobil warna putih. Alasannya, warna putih dianggap bisa membawa keberuntungan untuk negara tersebut. Dikabarkan, Berdymukhamedov pernah mengganti warna limusinnya dari hitam menjadi putih. Pada 2015, ia pernah mengeluarkan aturan untuk menyetop impor mobil berwarna hitam.

[Gambas:Instagram]

(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com