Jumat, 07 Feb 2020 12:10 WIB

Mitsubishi Keukeuh, Penjualan Xpander Lebih Banyak dari Avanza

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto insert Xpander Vs Avanza Mitsubishi mengklaim penjualan Xpander lebih baik ketimbang Avanza (Luthfy Syahban/detikOto)
Jakarta -

Sejak kelahirannya, Mitsubishi Xpander sukses mengusik dominasi Toyota Avanza. Mitsubishi percaya mereka telah berhasil mendongkel sang pesaing dari posisi pertama.

Menurut data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota telah melepas Avanza sebanyak 80.728 unit pada sepanjang 2019. Sementara Mitsubishi Xpander terdistribusi sebanyak 57.347 unit.

Namun, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) keukeuh bahwa penjualan Xpander lebih banyak daripada Avanza. Hal itu jika Xpander hanya disandingkan dalam persaingan small MPV bermesin 1.500 cc saja tanpa melibatkan penjualan small MPV dengan pilihan mesin 1.300 cc.



Ilham Iranda Syahputra, Head of Sales & Dealer Management Region 2 Department PT MMKSI, mengatakan penjualan Avanza yang menungguli Xpander pada 2019 lalu karena Avanza lebih banyak terjual pada kategori mesin 1.300 cc.

Tapai kalau hanya dibandingkan dengan Avanza 1.500 cc, maka penjualan Xpander jauh lebih banyak.

Xpander CrossXpander Cross Foto: Ari Saputra



"Kita nomor 1 small MPV 1.500 cc," klaim Ilham saat ditemui di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (6/2/2020) malam.

Menurut Ilham, penjualan Avanza yang didominasi mesin 1.300 cc tak bisa disandingkan dengan Xpander yang hanya mengandalkan mesin 1.500 cc. Kata dia, small MPV dengan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc berbeda kelas. "Harganya juga beda soalnya," katanya.

(Lanjut ke Halaman 2: Data Perbandingan Penjualan Xpander Vs Avanza)

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Muncul Pertama di Indonesia, Xpander Cross Tampilkan Tiga Varian"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com