Kamis, 06 Feb 2020 21:20 WIB

Dear Suzuki XL7, Ini Ketatnya Persaingan Low SUV

Ridwan Arifin - detikOto
PT Honda Prospect Motor turut meluncurkan produk anyar di IIMS 2019. Mobil ini merupakan wujud penyegaran di segmen mobil Low SUV, Honda BR-V. Honda BR-V Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana untuk menghadirkan XL7 untuk bersaing di segmen mobil Low Sport Utility Vehicles (LSUV). Beragam pabrikan sudah lebih dulu mengisi ceruk di segmen ini, mulai dari si kembar Toyota Rush-Daihatsu Terios, Honda BR-V, dan terakhir Xpander Cross.

Lalu bagaimana ketatnya di persaingan mobil Low SUV ini?

Mengutip data wholesales (distribusi pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2019, LSUV masih menjadi produk yang digemari masyarakat Indonesia.

Untuk mobil LSUV yang laris di Indonesia saat ini masih dipegang duet Rush-Terios.

Sepanjang Januari sampai Desember 2019 Rush terjual sebanyak 61.569 unit. Sedangkan, Daihatsu Terios membuntuti dengan angka sebanyak 22.960 unit.

Di posisi selanjutnya, ada Mobilio yang terkena sentuhan SUV. Ya, Honda BR-V selama 12 bulan lalu, mencetak angka sebesar 4.071 unit.

Kemudian menjelang akhir tahun 2019, Mitsubishi meluncurkan varian baru pada mobil andalannya, Mitsubishi Xpander. Kini, Mitsubishi Xpander sudah punya versi SUV. Namanya Xpander Cross.

Xpander Cross belum bisa dibandingkan setahun penuh karena memang mobil ini baru didistribusi pada November 2019 lalu. Tapi, bagaimana jika dibandingkan penjualannya pada Desember 2019 saja?

Terlihat Xpander Cross mulai menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Pada Desember 2019 terdistribusi sebanyak 1.855 unit. Pesaingnya, Toyota Rush dalam sebulan pada Desember 2019 dikirim sebanyak 4.215 unit, Daihatsu Terios 677 unit, dan Honda BR-V 482 unit.

Dengan ground clearance yang lebih tinggi dari MPV, serta menampung kapasitas hingga tujuh penumpang, tak ayal Low SUV ini pun menjadi alternatif pilihan.

Bagaimana dengan kiprah XL7 nanti yang bakal meluncur bulan ini, mampukah menggebrak dominasi Terrios, atau berada di atas Xpander Cross?



Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com