Diisukan Setop Produksi, Datsun Masih Terdaftar di Gaikindo

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 05 Feb 2020 14:06 WIB
Datsun, dikabarkan bakal menyudahi produksi mobilnya di Indonesia. Artinya, Datsun bakal menyerah di persaingan otomotif Indonesia.
Datsun. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pernyataan Datsun hengkang dari Kementrian Perindustrian sampai saat ini belum jelas kepastiannya. Nissan yang menaungi Datsun di Indonesia sendiri tak mau mengkonfirmasi pernyataan dari Kemenperin.

Sementara itu Gaikindo memberikan pendapat lain tentang status Datsun di Indonesia. Datsun sendiri masih tercatat sebagai anggota dari asosiasi industri mobil Indonesia itu.

"Datsun bagian dari Nissan, masih (anggota), kan dia menghentikan produksi. Dia hanya menghentikan produksi aja," kata Sekretaris Umym Gaikindo, Kukuh Kumara di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Ia juga mengatakan bisa saja Datsun akan melakukan aktivitas pabrik lagi dengan penyegaran lini produksinya. Kukuh menegaskan pula bahwa pabrik Datsun masih ada, hanya berhenti beroperasi saat ini.

"Siapa tahu muncul dengan produk baru, kan. Tidak produksi itu kan pabriknya masih ada bukan berarti pabrik hilang," tambahnya.

Kabar Datsun menyetop produksi mobil di Indonesia disampaikan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan menurut informasi yang ia terima Datsun akan menyetop produksi mobil di Indonesia. Kabarnya, PT Nissan Motor Indonesia sebagai induk perusahaan Datsun di Indonesia akan mengubah strategi bisnis.

"Informasi sementara yang kami terima, Nissan akan mengubah strategi bisnisnya di Indonesia sesuai dengan arah perkembangan pasar otomotif di Indonesia," kata Putu kepada detikcom, Senin (25/11/2019) lalu.

"Nissan akan menghentikan produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan dibawah skala ekonomi," sebutnya.



Simak Video "Membeludak! Dibuka Perdana, GIIAS 2019 Diserbu Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)