Seberapa Tangguh SUV Hybrid Jeep?

Rizki Pratama - detikOto
Minggu, 02 Feb 2020 08:04 WIB
Jeep Renegade Hybrid
Mobil plug-in hybrid Jeep. Foto: Pool (Autocar)
Jakarta -

Perusahaan mobil asal Amerika yang dikenal dengan kemampuan trabasnya, Jeep, mulai mengadopsi penggerak listrik pada jajaran produknya. Salah satu mobil Jeep dalam elektrifikasi ini adalah Renegade plug-in hybrid.

Head of Product Marketing Jeep, Marco Pigozzi mengatakan model ini akan menjadi pendulang penjualan terbesar. Pernyataan tersebut diiringi dengan posisi harga yang bersaing di pasarnya.

Secara keseluruhan model hybrid menggunakan basis yang sama dengan Renegade saat ini. Perubahan drastis jelas terjadi pada penambahan motor penggerak listrik yang memiliki tenaga sebesar 134bhp. Motor listrik itu ditempatkan di belakang dengan melakukan sedikit perombakan di rangkanya.

Penyimpanan daya Renegade plug-in hybrid diklaim dapat menempuh jarak 50-130 km. Baterai ini ditanamkan di bagian bawah seperti mobil listrik lainnya dan sedikit menggunakan ruang di belakang. Hal ini menyebabkan tangki bensin yang juga berada di tempat sama mengalami penyusutan sehingga kapasitasnya menjadi 39 liter saja.

Di bawah kap mesin, mesin bensin turbo empat silinder 177bhp kini menggerakkan roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Mesin ini diikatkan pada semacam sabuk yang dapat meregenerasi energi listrik saat pengereman.

Renegade plug-in hybrid ini dapat melaju sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik saja melewati roda belakang. Pada mode all wheel drive dihasilkan 237bhp sehingga mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7 detik.

Berbicara mengenai Jeep, tentu tak dapat dilupakan mengenai kemampuannya mobil ini menaklukkan medan yang sulit. Dalam melewati rintangan tersebut Jeep sudah menawarkan torsi motor listrik sebesar 191 lb ft. Mobil ini pun juga memiliki varian Trailrated yang dapat mengarungi air dengan kedalaman 60cm.

Pigozzi mengatakan bahwa niatnya adalah untuk membuat versi plug-in ini tanpa mengorbankan ruang interior dan tidak ada ruang yang hilang di kabin belakang. Perubahan utama adalah hilangnya 15 liter dalam bagasi karena beberapa sistem kontrol elektronik dipasang di sana.

SUV Hybrid ini hanya berbobot 120kg lebih dari Renegade diesel. Renegade PHEV akan diluncurkan pada awal 2020. Setelah Renegade, Compass akan menjadi model berikutnya yang akan dielektrifikasi oleh Jeep.



Simak Video "Jeep Wisata Cemoro Lawang Gunung Bromo"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)