Jumat, 31 Jan 2020 07:42 WIB

Jurus VW Atasi Pencurian Pelek Mobil saat Parkir

Luthfi Anshori - detikOto
Pengaman Pelek Mobil Volkswagen Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Beberapa waktu lalu sempat viral kejadian pencurian ban dan pelek mobil. Peristiwa itu terjadi saat mobil diparkir. Untuk menahan beban mobil, pelek dan ban yang dicuri diganti batu bata oleh si pelaku.

Pabrikan otomotif asal Jerman, VW atau Volkswagen ternyata memiliki jurus jitu supaya roda mobil Volkswagen aman dari incaran maling. Jurus itu sederhana, namun diyakini cukup mampu membuat pencuri mengurungkan niat.

Jurus VW Atasi Pencurian Pelek Mobil saat ParkirFoto: Luthfi Anshori

"Ada namanya bolt cover. Ini mencegah ban hilang. Kalau di Eropa kan sering ada mobil parkir di jalan," bilang Awaludin, staf mekanik diler VW Kemayoran, Jakarta.

Jika dilihat lebih dekat, bolt cover atau penutup berwarna hitam ini tampak menutupi seluruh area baut pelek mobil VW. Contoh pada model Tiguan Allspace, kelima baut di masing-masing pelek telah ditutupi bolt cover.

Bolt cover ini tidak bisa dibuka secara sembarangan. Sebab butuh semacam kunci khusus untuk membukanya. Dan asal tahu saja, satu buah bolt cover ini dihargai sekitar Rp 30 ribu.

Selain bolt cover, VW juga punya namanya safety bolt. Dijamin dengan fitur ini pencuri lebih sulit untuk membobol pelek mobil VW. Sebab safety bolt ini berbentuk satu baut khusus yang berbeda dengan empat baut lainnya di satu pelek. Dan untuk bisa membukanya pun perlu kunci khusus.

"Setiap model VW itu safety bolt-nya beda-beda. Jadi kuncinya pun beda-beda," ujar Awaludin.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com