Rabu, 29 Jan 2020 14:44 WIB

Begini Kondisi Terkini Tol Layang Japek, Masih Bikin Mual?

Luthfi Anshori - detikOto
Tol Layang Japek Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) sudah dioperasikan secara fungsional sejak libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 kemarin. Meski efektif mengurangi kemacetan lalu lintas, tol layang Japek dikiritik karena tidak nyaman saat dilalui. Sebab masih banyak sambungan jalan (expansion joint) yang belum rata.

Expansion joint tersebut sedianya akan dirapikan oleh kontraktor, PT Waskita Karya. Perbaikan ini disebut dilakukan satu minggu setelah libur Nataru berakhir. Lalu bagaimanakah kondisinya saat ini?

Pantauan detikcom saat melintas tol layang Japek hari ini dalam acara 'VW Tiguan Allspace to Kawah Putih Bandung Selatan', Rabu (29/1/2020), perbaikan masih terus dilakukan para pekerja. Secara umum, sambungan expansion joint di tol sepanjang 36,4 km ini belum mulus sempurna.

Namun ada titik-titik tertentu di tol layang Japek, yang sambungannya sudah rapi. Contohnya seperti sambungan expansion joint di Km 22. Dijelaskan Fathur Rozaq selaku Project Manager Japek II Elevated PT Waskita Karya, penyempurnaan tol layang Japek masih terus dilakukan.

"Masih on process, dievaluasi dari aspek teknis, mutu dan traffic, sambil paralel di beberapa titik lokasi berjalan penyempurnaan," kata Fathur, melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (29/1/2020).

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com