Senin, 27 Jan 2020 19:41 WIB

Unimog Ini Pecahkan Rekor Pijak Bumi Tertinggi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Unimog Tanjak Bumi Tertinggi Foto: Istimewa
Jakarta -

Mungkin mobil Mercedes-Benz yang paling tangguh yang ditawarkan di diler saat ini adalah G-Class. Tapi, ada mobil yang terbukti lebih tangguh, yaitu Unimog.

Dua unit truk Unimog telah menetapkan rekor dunia menjelajah tanah tertinggi. Truk itu mampu menjangkau bumi setinggi 6.694 meter di atas permukaan laut.

Sepuluh tim ekspedisi yang dipimpin oleh Matthias Jeschke mendaki gunung berapi Ojos de Salado di Chili. Mereka menggunakan dua unit Unimog U 5023.

Untuk menjelajah medan ekstrem sampai tanah tertinggi itu, Unimog telah dimodifikasi. Truk itu dibekali ban khusus, bahkan menggunakan body khusus dengan pusat variable sistem penyeimbang gravitasi.

Ekspedisi itu bukan semata-mata untuk rekor dunia baru. Tugas awal tim adalah memasang empat unit radio darurat di berbagai kamp dataran tinggi di gunung. Jika terjadi keadaan darurat, setiap unit dapat digunakan untuk menghubungi tiga base camp lainnya di Ojos del Salado. Dikatakan bahwa sistem baru akan meningkatkan keselamatan pendaki gunung dan peneliti.

Sebelum catatan ini, Matthias Jeschke dan timnya sudah memegang rekor dunia sebelumnya menggunakan Mercedes-Benz Zetros pada tahun 2014.



Simak Video "Tol Layang Japek Diperbaiki, Agar Tak Bikin Mual?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com