Sabtu, 25 Jan 2020 14:07 WIB

Mobil China Coba Bangkit di Indonesia!

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Istimewa/Wuling Motors Indonesia
Jakarta -

Gong Xi Fat Cai! Akhirnya tahun baru Cina yang termasuk dalam tahun tikus logam hadir menyapa kita semua. Tentu tahun ini diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya. Meski demikian, tak terasa industri otomotif asal China pun sudah hadir di Indonesia memasuki tahun ke-3.

Hadir dengan coba bangkit dari keterpurukan image mobil Cina di Indonesia di masa lalu. Dua brand ternama asal Cina, Wuling Motors atau Liuzhou Wuling Automobilie Industry Co., Ltd dan DFSK Indonesia atau PT Sokonindo Automobile. Coba peruntungan untuk menggoyah tahta mobil Jepang yang sudah menjamur terlebih dahulu.

Jika coba melihat sejarah brand masing-masing, kedua pabrikan Cina ini terbilang perusahaan besar di Cina. Bahkan di dalamnya ada pabrikan dan perusahaan ternama yang memiliki kualitasterbaik.

Untuk wuling sendiri, mobil Cina ini awal mereknya berasal dari Liuzhou, Guangxi, dengan membawa nama besar sebagai Liuzhou Wuling Automobile Industry Co., Ltd, sebuah perusahaan patungan hasil Wuling Group dan Dragon Hill Holdings Limited. Di Cina sendiri, Wuling Motors memproduksi kendaraan seperti mobil, bus dan truk, serta spare part sendiri.

Wuling motors sendiri adalah perusahaan turunan dari merek Kendaraan SAIC-GM-Wuling, yang lahir pada 2002. Akhirnya Wuling pun menancapkan kuku mereka di Indonesia, pada 2015 mendapat izin untuk mendirikan pabrik di Kawasan Deltasmas Kabupaten Bekasi, dan baru 2017 mereka memulai penjualan mereka di Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com