Jumat, 24 Jan 2020 11:52 WIB

Uber Mulai Operasikan Mobil Tanpa Sopir

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Volvo
Washington -

Taksi online Uber akan mulai mengoperasikan kendaraan tanpa sopir di Washington, AS hari Jumat ini. Meski mobil sudah bisa melaju sendiri, Uber masih menggunakan sopir manusia untuk berjaga-jaga kalau sistem mengalami masalah.

Uber akan menggunakan 3 kendaraan yang mengumpulkan data dari sensor yang dipasang di mobil. Mobil dipasangi juga dengan kamera dan LiDAR. Selain orang di kursi pengemudi, Uber juga akan menempatkan karyawan kedua di kursi penumpang.

Dengan percobaan ini, Uber berharap bisa mendapatkan data yang lebih lengkap mengenai pengembangan mobil tanpa sopir. Seperti dikutip Reuters, Uber saat ini tengah mengoperasikan mobil tanpa sopir di Pittsburgh namun hanya di siang hari saja.

Uber sepertinya tidak mau insiden kecelakaan yang menewaskan seorang pejalan kaki di Tempe Arizona bulan Maret 2018 kembali terulang. Insiden itu tercatat sebagai insiden pertama yang melibatkan mobil tanpa sopir.

Sejak insiden itu, Uber kemudian menghentikan sementara pengetesan mobil tanpa sopir. Pengetesan kemudian berlanjut di bulan Desember 2018 di Pittsburg dengan mobil yang sudah direvisi perangkat lunaknya.

Uber Mulai Operasikan Mobil Tanpa Sopir


Simak Video "Gara-gara Uber, Jalan Utama Madrid jadi 'Parkiran Dadakan'"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com