Jumat, 17 Jan 2020 19:13 WIB

Bikin Truk Bertenaga Hidrogen, Isuzu Gandeng Honda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pabrik Truk Isuzu di Indonesia Foto: Agung Pambudhy
Tokyo - Dua pabrikan asal Jepang, Honda dan Isuzu telah menyepakati kolaborasi. Honda Motor Co dan Isuzu Motors Ltd. mengatakan mereka akan bersama-sama meneliti penggunaan sel bahan bakar hidrogen untuk truk heavy-duty.

Diberitakan Reuters, perjanjian ini disepakati dalam dua tahun. Isuzu akan menguji penggerak sel bahan bakar hidrogen yang sudah dimiliki Honda untuk truk komersial Isuzu. Kolaborasi ini dapat membuka jalan untuk menggunakan teknologi dalam berbagai kendaraan yang lebih luas.



Seperti diketahui, Honda memang sudah punya mobil bertenaga hidrogen, yakni Honda Clarity. Namun, teknologi itu baru menyasar kendaraan penumpang yang ukurannya lebih kecil. Kolaborasi ini akan menguji teknologi ramah lingkungan tersebut untuk kendaraan yang lebih berat.

"Meski kami telah melakukan R&D yang luas dalam FCV (kendaraan sel bahan bakar) penumpang, kami belum dapat mempelajari cara terbaik untuk menerapkan teknologi ini pada kendaraan komersial. Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk melakukan itu," kata seorang juru bicara Honda.



"Kami berpikir bahwa teknologi FCV sangat cocok untuk truk yang lebih berat yang menempuh jarak lebih jauh. Dan kemitraan ini akan memungkinkan kami untuk meneliti lebih lanjut," tambah seorang juru bicara Isuzu.

Untuk diketahui, kendaraan sel bahan bakar mengandalkan tenaga dari hidrogen. Kendaraan jenis ini menghasilkan listrik sendiri menggunakan hidrogen yang disimpan di dalam tangki.

Hal ini memungkinkan kendaraan hidrogen untuk menempuh jarak yang lebih jauh dan mengisi bahan bakar lebih cepat daripada kendaraan listrik yang biasanya dicas semalaman.


Bikin Truk Bertenaga Hidrogen, Isuzu Gandeng Honda


Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com