Jumat, 17 Jan 2020 15:36 WIB

Alasan Orang Pilih SUV: Enak buat Kerja, Cocok untuk Kondangan

Luthfi Anshori - detikOto
Jajaran SUV Mercy. Foto: Mercedes-Benz
Jakarta - Tren penjualan mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan merek premium yang lebih dikenal dengan mobil sedannya seperti Mercedes-Benz, mencatat pertumbuhan penjualan di lini SUV-nya.

"Tahun sebelumnya (2018) di angka 28-29 persen, tahun (2019) kemarin sudah di angka 31 persen," bilang Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Hari Arifianto, di Bogor, Kamis (16/1/2020).



Data dari Mercedes-Benz Distribution Indonesia menyebutkan, setiap tiga unit Mercedes-Benz yang terjual di tahun 2019 merupakan SUV. Kendaraan SUV, termasuk GLA, GLC, GLC Coupé, GLE, GLE Coupé, GLS dan G-Class merupakan kendaraan Mercedes-Benz terlaris di tahun 2019 (31%).

Lanjut Hari menjelaskan, mobil SUV punya berbagai macam keunggulan jika dibandingkan model lain seperti MPV atau sedan.



"Karena kontur di Indonesia sendiri memang lebih berwarna. Sehingga kalau kita pengin punya satu mobil yang bisa representatif all the activities, akan pilih SUV. Apalagi untuk Mercedes-Benz. Udah SUV, Mercedes-Benz, mau kondangan bisa, bisnis meeting bisa, buat leisure sama keluarga bisa juga. Jadi lebih all purpose ya," terang Hari.

Di global sendiri, tren peningkatan SUV ditunjukkan dengan banyaknya merek otomotif yang mengembangkan SUV. Bahkan merek seperti Lamborghini yang terkenal dengan sedan kencangnya, turut membuat mobil SUV.

"Kalau kita lihat tren global memang larinya ke SUV. Bahkan kalau teman-teman perhatikan, maker yang dulu istilahnya haram kalau masuk ke SUV bikin juga akhirnya. Jadi kita nggak bisa pungkiri," ujar Hari.

Alasan Orang Pilih SUV: Enak buat Kerja, Cocok untuk Kondangan


Simak Video "'Mercedes Benz' Ini Dibuat dari Kayu, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com