Jumat, 17 Jan 2020 11:46 WIB

Konsumen Umum Boleh Beli Mobil Mercy Spek Presiden?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Andhika Akbarayansyah
Bogor - Presiden Joko Widodo kembali akan menggunakan seri Mercedes-Benz S 600 Guard terbaru untuk dijadikan kendaraan dinasnya. Karena untuk orang khusus, maka mobil ini juga memiliki spek khusus, dengan tingkat keamanan tinggi.

Tapi jika ada konsumen umum yang ingin membeli Mercedes-Benz S 600 Guard dengan spek seperti kendaraan dinas Presiden bisa tidak ya?



"Belum tentu (bisa dan boleh-Red) ya. (Kalau) selama ini kita melayaninya government to government, kita yang membantu untuk spesifikasinya," bilang Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Hari Arifianto, di Bogor, Kamis (16/1/2020).

Menurut Hari, jika konsumen umum juga boleh membeli S 600 Guard dengan spek setara kendaraan dinas presiden, nanti mobil ini malah akan ada di mana-mana.

"Karena (selain mobil presiden-Red), mobil yang harganya puluhan miliar juga banyak beredar di sini kan," ujar Hari.



Hari juga mengatakan jika proses pemesanan kendaraan seperti S 600 Guard atau model Mercy lainnya, menggunakan sistem audit yang ketat.

"Jadi, mereka disurvei sebelumnya, jadi kita nggak bisa menjual mobil ke sembarang orang, itu juga berlaku ke kendaraan biasa," terang Hari.

Untuk diketahui, mobil dinas presiden Jokowi sendiri dipilih langsung oleh pemerintah. Faktor pertimbangannya adalah alasan keamanan. Mercedes-Benz S 600 Guard mengalahkan mobil Jerman lain yang juga disodorkan sebagai kendaraan dinas presiden yakni BMW seri 7 Security Vehicle F02.

Simak Video "The New GLS, SUV Mercedes Setingkat S-Class"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com