Rabu, 15 Jan 2020 16:55 WIB

Toyota Sulap Yaris Jadi Mobil SUV?

M Luthfi Andika - detikOto
New Toyota Toyota Yaris compact SUV Foto: Pool (Autoevolution) New Toyota Toyota Yaris compact SUV Foto: Pool (Autoevolution)
London - Toyota dikabarkan tengah mempersiapkan model terbaru SUV dengan ukuran compact. Apakah itu adalah Yaris yang disulap jadi Compact SUV? Model ini dikabarkan akan diperkenalkan di pasar Eropa dan akan diproduksi di Prancis.

Dikutip autoevolution, Toyota Eropa memprediksi penjualan mobil pada 2025 akan dipenuhi model Crossover dan SUV, dan akan mengambil market hingga 30 persen.



Karena itulah Toyota berniat untuk bisa memproduksi mobil SUV di segmen B dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture)-B, dengan desain dinamis dan bakal lebih nyaman untuk dikendarai sendiri.

"Model ini (New Sub Compact SUV) akan menambah kesuksesan Yaris di Eropa," ujar Executive Vice President Toyota Motor Eropa Matt Harrison.




Entah kebetulan atau tidak, pabrik Yaris hatchback akan sama dengan model B-SUV terbaru ini. Jadi keduanya pasti berkaitan. Generasi keempat Yaris yang diberi nama XP210 di sisi lain juga menggunakan arsitektur GA-B. Jadi cocok lah ya?

Jika melihat dari platform TNGA-B, besar kemungkinan model ini akan menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1.000 cc, atau juga mesin 1.500 cc dan 1.600 cc yang dilengkapi dengan turbo.

Selain itu pilihan hybrid juga bakal ikut disediakan. Namun akan dikawinkan dengan mesin M15A, dengan mengusung motor listrik yang mampu menyemburkan 79 tenaga kuda.

"Untuk nama New Compact SUV, berapa volume produksi, dan kapan akan mulai produksinya. Nanti akan kami sampaikan saat waktunya tiba," tambah Matt Harison.

Simak Video "Toyota Pamer Audio Yaris di DWP, Dipha Barus: Berasa di Studio!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com