Senin, 13 Jan 2020 07:04 WIB

Meski Transparan, Sun Visor Ini Bisa Tangkal Mata Silau

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. Bosch
Jakarta - Berkendara menuju arah matahari terbit dan terbenam sudah dipastikan mengalami yang namanya silau. Untuk mobil memang sudah ada yang namanya sun visor namun sering kali ukurannya yang besar membuat sebagian pandangan terhalang.

Menanggapi keluhan seperti itu, Bosch menemukan Sun Visor yang lebih efektif. Teknologi dapat mengurangi gangguan mata akibat cahaya matahari langsung tanpa menutup jarak pandang pengemudi.



Bosch menggantikan penggunaan visor yang ada seperti saat ini dengan sebuah layar LCD transparan. Layar tersebut terhubung dengan kamera di dalam kabin yang memantau wajah pengemudi. Sensor yang ada pada kamera menganalisa dan memindai kondisi wajah.

Meski Transparan Sun Visor Ini Bisa Tangkal Mata SilauFoto: Dok. Bosch


Dengan cara menganalisa bayangan yang dapat diberikan pada wajah, kecerdasan artifisial atau disebut AI akan membuat sebagian layar gelap tepat di mana bayangan akan jatuh ke mata. Dengan begitu, pengendara tidak akan terkena pancaran sinar matahari secara langsung.



Pastinya fitur seperti ini tidak akan mengurangi jarak dan luas panda pengemudi seperti saat menggunakan sun visor yang biasa. Visor virtual ini menggunakan teknologi cairan kristal yang diyakini akan efektif mengurangi risiko kecelakaan. Pastinya peranan AI juga penting dalam implementasi teknologi ini.

Bosch menelurkan temuan ini setelah hasil studinya mendapati bahwa silau akibat sinar matahari menyumbang kecelakaan lebih besar daripada gangguan alam lainnya. Badan keselamatan jalan raya Amerika Serikat, NTHSA mengkonfirmasi temuan itu. Bosch mengatakan ada 16 persen peningkatan kecelakaan ketika matahari bersinar lebih terah dibanding biasanya.

Simak Video "Kunjungi Benteng Kuno di Ngawi, Kaesang Harap Jadi Wisata Andalan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com