Sabtu, 11 Jan 2020 16:43 WIB

Akibat Banjir, 1.000 Mobil Toyota Masuk Bengkel Resmi

M Luthfi Andika - detikOto
Bengkel Auto2000 Foto: Luthfi Anshori
Untuk level ringan (light), penanganan pertamanya adalah dengan melepas dan mengeringkan karpet dan overhaul alternator. "Selain itu dilakukan pengecekan dan pembersihan/penggantian rem, pengecekan bearing roda, cek sistem steering, dan bisa juga cek kelistrikan, terutama area bawah," jelas Suparna.

Sementara untuk penanganan level medium, poin yang perlu dicek lebih banyak lagi. Mulai dari melepas jok, trim board, speaker, pemeriksaan dan pembersihan motor power window, area dasbor, dan panel.

"Selanjutnya periksa sistem AC, sistem audio, saluran bahan bakar, sistem pengapian, sistem alarm, kuras oli mesin, kuras oli transmisi dan gardan/transaxle, kuras tangki bahan bakar, dan ditambah pemeriksaan dan pembersihan konektor dan kabel-kabel/wiring. Termasuk sistem kontrol ECU, komputer ABS, dan sensor," lanjut Suparna.

Mobil service abis kena banjirMobil service abis kena banjir Foto: Auto2000



Kemudian untuk perawatan kategori heavy, kurang lebih sama dengan penanganan kategori light dan medium. "Hanya saja ada tambahan untuk pembersihan dan penggantian plafon," terangnya lagi.

Lalu berapa estimasi biayanya? Menurut Suparna, rincian biayanya sangat relatif, karena bergantung dari tingkat kerusakan mobil itu sendiri. Jika sebagian spare part yang terendam banjir masih berfungsi normal dan bisa dipakai, ongkos reparasi bisa lebih terjangkau. Sementara jika harus ada penggantian akibat part rusak, maka biayanya bisa berlipat ganda.

"Kalau untuk estimasi lama waktu pengerjaannya, biasanya antara satu sampai dua minggu," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mobil Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?"
[Gambas:Video 20detik]

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com