Jumat, 10 Jan 2020 09:14 WIB

Jurus Daihatsu Saat Sirion Mulai Lesu

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Daihatsu Sirion merupakan salah satu model yang penjualannya tak memberikan banyak kontribusi. Bahkan di antara kompetitor di kelasnya juga tak banyak berkutik.

Setelah melakukan evaluasi, Daihatsu menilai keoknya Sirion karena persaingan harga. Pada segmen itu, Suzuki Baleno dan Honda Brio lebih menarik bagi kantong konsumen.

"Kami lagi studi karena banyak masukan karena jualannya di level 150-an walau naik dari tahun lalu 14 persen. DP Sirion paling mahal karena diskon paling kecil. Sirion dengan DP dan diskon lebih mahal dari Baleno dan Brio," jelas Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra dalam jumpa media di Astra Daihatsu Motor Head Office Sunter, Jakarta Utara, Kamis (9/1/2020).


Oleh sebab itu, Daihatsu berencana menerapkan strategi harga baru. Karena kebanyakan konsumen Indonesia membeli mobil dengan kredit, Daihatsu akan melakukan koreksi harga pada uang mukanya.

"Ke arah strategi pricing ke DP karena diskon kita kecil banget," kata Amel.


"Jadi kami tau penyebabnya diskon kecil dan masyarakat banyak beli kredit jadi strateginya harus di harga," timpal Division Head Marketing & CR PT AI-DSO, Hendrayadi Lastiyoso dalam kesempatan yang sama.

Amel mengaku bahwa hal ini terpaksa dilakukan karena para kompetitor melakukan banyak potongan harga. "Sebenarnya kita nggak mau buang diskon tapi karena kompetitor buang ya kita ikutin lah," tambahnya.


Penyesuaian uang muka ini akan dibarengi dengan penyegaran Sirion. Hendra mengatakan Sirion akan mengalami sentuhan pada bulan Maret 2020 ini.

"Nanti Maret ada improvement. Itu akan kita jadikan momentum untuk membenahi paket kredit supaya penjualan lebih bagus dari sekarang. Sekarang jualan 150-an," pungkas Hendra.

Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com