Kamis, 09 Jan 2020 12:08 WIB

Tak Jual Raize di Luar Jepang, Toyota Siapkan Yaris Versi SUV

Rizki Pratama - detikOto
Toyota Raize. Foto: Toyota Motor Corporation
Jakarta - Toyota sedang mempersiapkan sebuah SUV kecil yang akan mengisi segmen di bawah C-HR. Model ini akan bersaing dengan mobil seperti Mazda CX-3.

Mobil yang sedang disiapkan dan belum bernama ini sudah mendapatkan lampu hijau masuk ke jalur produksi. Dalam waktu setahun, tepatnya pada pertengahan tahun 2021 nanti SUV kecil itu siap ditawarkan ke pasar.



Berbicara mobil SUV mini sebenarnya Toyota sudah punya Raize yang sudah diluncurkan dan hanya dijual di Jepang. Namun Toyota mengatakan bahwa SUV mini yang baru ini akan menggunakan platform berbeda, tepatnya platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B yang digunakan oleh Yaris terbaru.

Platform ini juga memiliki keunggulan untuk disokong motor listrik untuk menjadikannya sebagai mobil hybrid. Hal ini memungkinkan model ini menembus pasar-pasar yang aturan emisi negaranya semakin ketat.



"Sebelumnya saya pikir C-HR sudah cukup. Tapi SUV segmen B juga terus tumbuh dan menarik konsumen dari segmen C. Oleh karena itu kami mencari dan melakukan evaluasi dan beberapa kompetitor telah melakukan hal yang sama. Ada kesempatan itu di masa depan dan platformnya cukup fleksibel untuk hal itu," ujar Vice President Toyota Eropa kepada Auto Express.

Untuk mesinnya juga dikabarkan tidak akan menggunakan mesin 1.000 cc seperti Raize melainkan mesin 1.500 cc yang dapat dikawinkan dengan hybrid. Ada pula pilihan penggerak semua roda pada Yaris versi SUV ini.

Mobil ini bisa menjadi alternatif pasar di luar Jepang yang mengharapkan adanya Raize. Mobil bermesin 1.000 cc itu sampai saat ini hanya dapat mengaspal di negara asalnya meski negara lain menunjukkan antusiasnya termasuk Indonesia sendiri.

Simak Video "Toyota Pamer Audio Yaris di DWP, Dipha Barus: Berasa di Studio!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com